BolaSkor.com - Thailand dipastikan menjadi juara Piala AFF 2020. Kepastian ini didapat usai Thailand menahan imbang Timnas Indonesia 2-2, pada laga final leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (1/1) malam WIB.

Dengan begitu, Timnas Indonesia kalah agregat 2-6 dari Thailand. Sebelumnya, Skuat Garuda kalah 0-4 pada final Piala AFF 2020.

Meski hanya mendapat posisi runner-up, perjuangan pasukan Shin Tae-yong patut diapresiasi. Timnas Indonesia datang ke Piala AFF 2020 dengan skuat paling termuda dengan peserta lain, didominasi umur 19-26 tahun.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Kekurangan Striker Mumpuni karena Kompetisi

Galeri Foto: Timnas Indonesia Runner-up Piala AFF 2020

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Timnas Indonesia juga menjadi tim paling produktif dengan 20 gol. Namun, juga menjadi tim paling banyak kebobolan dengan 13 gol.

Tercatat, ada 11 pemain Timnas Indonesia yang berhasil mencetak gol. Irfan Jaya menjadi top skorer sementara dengan raihan 3 gol.

Ada Rachmat Irianto, Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, Ezra Walian, Witan Sulaeman, dan Pratama Arhan (2 gol). Sisanya satu gol dilesakkan oleh Elkan Baggott, Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, dan Asnawi Mangkualam. Satu gol tersisa diciptakan melalui gol bunuh diri pemain Singapura, Shawal Anuar.

Untuk masalah assist, Witan Sulaeman menjadi pemain terbanyak yang menciptakannya di Piala AFF 2020. Pemain Lechia Gdansk itu mengoleksi 5 assist.

Selanjutnya, Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Rachmat Irianto menjadi pemain yang sering turun di Timnas Indonesia, dengan koleksi 8 laga. Asnawi dan Ricky Kambuaya menjadi pemain yang selalu starter. Namun, Asnawi menjadi pemain yang selalu tampil penuh dalam 8 laga Timnas Indonesia dengan menit bermain mencapai 750 menit.

Sementara itu, hanya ada tiga pemain Timnas Indonesia yang tidak diturunkan oleh Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Ketiganya adalah Muhammad Riyandi, Marckho Sandy, dan Ahmad Agung.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Statistik Timnas Indonesia di Piala AFF 2020:

Menang: 4

Seri: 3

Kalah: 1

1. Top Skorer: Irfan Jaya - 3 Gol

2. Top Assist: Witan Sulaeman - 5 Assist

3. Pemain Tebanyak Main: Asnawi Mangkualam Bahar - 750 menit

4. Pemain Selalu Starter:

- Ricky Kambuaya

- Alfeandra Dewangga

- Witan Sulaeman

- Asnawi Mangkualam

- Rachmat Irianto

5. Pemain yang Tak Pernah Turun:

- Muhammad Riyandi

- Marckho Sandy

- Ahmad Agung

6. Pencetak Gol Timnas Indonesia:

3 Gol:

- Irfan Jaya

2 Gol:

- Egy Maulana Vikri

- Evan Dimas

- Ezra Walian

- Witan Sulaeman

- Pratama Arhan

1 Gol:

- Elkan Baggott

- Ramai Rumakiek

- Ricky Kambuaya

- Asnawi Mangkualam