Status Piala Asia U-16 dan U-19 Baru Akan Diputuskan Exco AFC

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 20 Januari 2021
Status Piala Asia U-16 dan U-19 Baru Akan Diputuskan Exco AFC
Logo AFC. (AFC)

BolaSkor.com - Nasib Piala Asia U-16 dan U-19 2020 belum secara resmi diputuskan AFC. Hal ini setidaknya seperti disampaikan oleh Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul.

Hal ini menanggapi kabar pembatalan Piala Asia U-16 dan U-19 belakangan ini. Kabar ini menjadi pertanyaan mengingat AFC tidak merilis secara resmi pembatalan di lamannya.

PSSI turut mengumumkan pembatalan tersebut. Dijelaskan pula bahwa AFC akan menggelar Piala Asia U-20 dan U-17 pada 2023 dengan Uzbekistan dan Bahrain tetap menjadi tuan rumah.

Piala Asia U-19 dan U-16 2020 seharusnya digelar Maret dan April 2021, masing-masing di Uzbekistan dan Bahrain. Itu setelah mengalami penundaan karena pandemi virus corona (COVID-19).

"Berdasarkan surat resmi yang diterima PSSI pada 15 Januari 2021, Komite AFC membatalkan kompetisi akibat pandemi Covid-19 dan memutuskan jadwal penyelenggaraan kompetisi baru, baik kompetisi secara keseluruhan termasuk sepak bola wanita, futsal dan sepak bola pantai," tulis PSSI, Jumat (15/1).

Baca Juga:

Perasaan Pemain Timnas Indonesia U-19 Usai Pembatalan Piala Asia U-19

Piala Asia U-16 dan U-19 Resmi Dibatalkan

Ketika dikonfirmasi ulang, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengaku percaya dengan keputusan pembatalan sekalipun AFC tidak merilis di lamannya.

”Kami juga lebih percaya surat AFC daripada rilis. Lebih legitimate surat kan," kata Yunus Nusi kepada BolaSkor.com pada Senin (18/1).

Selain PSSI memang tak banyak anggota asosisasi yang mengumumkan pembatalan. Di antaranya Federasi Sepak Bola Tajikistan dan Iran. Sedangkan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) tak menyampaikan pembatalan, hanya saja mulai menyiapkan tim untuk Piala Asia U-20 2023.

Pembatalan itu diperkirakan baru di level Komite Kompetisi AFC. Seperti dikutip dari myMetro, bahwa keputusan Komite Kompetisi akan dibawa ke pertemuan Komite Eksekutif (Exco) pada 25 Januari.

Datuk Windsor Paul menjelaskan bahwa keputusan pembatalan oleh Komite Kompetisi tak lepas dari kesulitan yang harus dilalui tim mengikuti turnamen.

"Sejauh ini, keputusan Komite Kompetisi ingin membatalkan turnamen karena menghadapi beberapa kendala termasuk kemungkinan mundurnya tim. Meski sudah diputuskan komite, namun hal itu harus difinalisasi dalam rapat Exco," kata Datuk Windsor Paul.

"Harus kami akui, kalender 2021 mungkin agak suram, karena di pertemuan Exco juga akan menentukan nasib kompetisi yang melibatkan tim U-15 dan tim pengembangan," tambahnya.

Piala Asia U-16 Piala Asia U-19 Pssi Breaking News Afc Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-19
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan