Strategi Khusus Disiapkan Indonesia demi Memuluskan Pencak Silat ke Olimpiade

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 04 Oktober 2020
Strategi Khusus Disiapkan Indonesia demi Memuluskan Pencak Silat ke Olimpiade
Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari

BolaSkor.com - Strategi khusus mulai disiapkan Indonesia demi memuluskan langkah pencak silat tampil pada Olimpiade. Melalui Akademi Olahraga Prestasi Nasional (AKORNAS) program Road to Olympic mulai dibahas.

Dalam webinar yang berlangsung 26 September hingga 24 Oktober 2020 tersebut, AKORNAS membahas sejumlah hal, mulai dari kebijakan pemerintah hingga peran serta lembaga Legislatif dalam mendukung program Pencak Silat Road to Olympic.

“Jadi AKORNAS sebagai lembaga akademisi menginisiasi program ini untuk menjawab dorongan dari komunitas Pencak Silat yang ingin ada sedikit dorongan dari stakeholder terkait,'' ujar Ketua Pelaksana Webinar Pencak Silat Road To Olympic, Andri Paranoan.

Ditetapkannya Pencak Silat oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia pada Desember 2019 semakin menguatkan keinginan Pemerintah dan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) untuk bisa mendorong seni beladiri yang kian mendunia ini menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade.

Baca Juga:

Tak Percaya Adam dan Hawa, Mike Tyson Yakin Manusia Keturunan Alien

Ini Alasan Mike Tyson Ogah Lawan Connor McGregor

Bahkan, sebuah perencanaan khusus telah dibuat dan didukung pelaksanaannya oleh Presiden Joko Widodo melalui program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2020 – 2024, yang mana tujuannya adalah menargetkan pembudayaan olahraga silat sebagai olahraga, mendorong pemajuan kebudayaan serta menambah potensi medali pada Olimpiade.

“Sejalan dengan rencana kita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri bila Pencak Silat yang merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia ini bisa ikut dipertandingan dalam ajang olahraga multi event terbesar di dunia tersebut. Itulah kenapa kita semua di sini sangat bersemangat untuk ikut mendukung rencana pemerintah dalam mensukseskan rencana ini,'' buka Wakil Ketua Umum PB IPSI dan Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT), Benny Gautama Sumarsono.

“Sejumlah strategi mulai dari mendorong perguruan tinggi di Indonesia dalam mendukung program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan topik pencak silat, hingga Mendorong kementerian untuk turut mendukung perkembangan prestasi olahraga pencak silat di indonesia dan juga internasional, kita bahas secara serius dalam diskusi yang kita selenggarakan ini,” imbuh dia.

Perkembangan olahraga Pencak Silat dalam beberapa tahun belakangan kemudian memberikan hasil nyata bagi prestasi Indonesia di sejumlah event internasional, yang mana puncaknya terjadi di ajang Asian Games 2018 di mana Pencak Silat berhasil menjadi salah satu lumbung medali bagi Indonesia dengan menyumbang 14 medali emas.

Silat ini bukan saja menjadi salah satu potensi yang menjanjikan bagi kita dalam mendulang medali di ajang internasional. Tapi kita harus melihat kalau Pencak Silat ini adalah salah satu cara kita untuk makin mengenalkan Indonesia kepada dunia. Karenanya, penting untuk bisa memasukkan Pencak Silat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingan di ajang Olimpiade,'' ungkap Presiden Olympic National Commitee Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

''Karenanya dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk bisa mewujudkan rencana ini, bukan cuma pemerintah saja, atau praktisi Pencak Silat saja, tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut mendukung program ini.''

Breaking News Pesilat Pencak Silat Indonesia Koi
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan