Striker Espanyol Jadi Pemain China Pertama yang Mencetak Gol di Kompetisi Eropa

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 04 Oktober 2019
Striker Espanyol Jadi Pemain China Pertama yang Mencetak Gol di Kompetisi Eropa
Wu Lei (Twitter)

BolaSkor.com - 'Suara' pemain-pemain Asia lambat laun mulai terdengar di Eropa. Tak mau kalah hebat dengan pemain asal Eropa, mereka yang datang dari Asia, merantau dan bertarung di Eropa, juga tampil bagus untuk klubnya masing-masing.

Tengah pekan ini, pada ajang Liga Champions dan Liga Europa, beberapa nama dari Asia mencuri perhatian, yakni: Hwang Hee-chan, Takumi Minamino, dan Wu Lei. Dua nama pertama mencetak dua gol kala Salzburg kalah 3-4 dari Liverpool di Anfield.

Sementara nama terakhir mencetak gol ketika Espanyol menang 2-0 atas CSKA Moscow di lanjutan laga dua grup H Liga Europa, Jumat (4/10) dini hari WIB. Wu Lei mencetak gol di menit 64 kala menerima operan Matias Vargas, lalu gol kedua dicetak Victor Campuzano (90+5').

Wu Lei jebol gawang CSKA Moscow

Gol yang dicetak Wu Lei itu cukup spesial. Dilansir dari laman resmi UEFA, Wu Lei menjadi pemain China pertama yang mencetak gol di fase grup kompetisi Eropa. Butuh sedekade lebih untuk mencatatkan ukiran sejarah tersebut.

Pada 2003, Sun Jihai juga mencetak gol untuk Manchester City di Piala UEFA (format sebelum Piala Eropa). Lalu pada musim 2013-14, Wang Chu mencetak gol untuk Jeunesse Esch, klub Luksemburg, ketika melawan TPS Turku, klub Finlandia.

Tidak hanya sekedar mengukir sejarah, Wu Lei juga menyamai dua catatan lainnya. Dia saat ini selevel dengan Wang Chu sebagai top skor pemain asal China di kompetisi Eropa (dua gol), sementara sembilan penampilannya menyamai eks pemain PSV Eindhoven dan Austria Wien, Sun Xiang.

Catatan itu jelas membanggakan untuk pemain berusia 27 tahun tersebut, sebab Wu Lei semakin menguatkan bukti bahwa ia ke Espanyol bukan hanya sebagai 'alat pemasaran' untuk meningkatkan popularitas klub Catalunya di China.

Popularitas Wu Lei dan Espanyol di China memang meningkat sejak ia datang ke klub pada Januari 2019 dari Shanghai SIPG. Wu Lei membuktikannya dengan kontribusi pentingnya untuk tim, tidak hanya numpang lewat di klub untuk promosi.

Breaking News Espanyol RCD Espanyol Liga Europa Wu lei China
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.211

Bagikan