Studi Tunjukkan Dampak Pandemi Virus Corona terhadap Nilai Pasar Pemain

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 30 Maret 2020
Studi Tunjukkan Dampak Pandemi Virus Corona terhadap Nilai Pasar Pemain

BolaSkor.com - Penundaan kompetisi sepak bola akibat pandemi virus corona memiliki dampak besar. Sebuah studi yang dipublikasikan Senin (30/3) menyebut pandemi juga akan berdampak pada total nilai transfer pemain di bursa transfer.

Total nilai transfer di lima liga besar Eropa, Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, dan Prancis disebutkan akan mengalami penurunan 28 persen, dari 32,7 miliar euro menjadi 23,4 miliar euro jika tidak ada lagi pertandingan yang digelar musim ini dan kontrak pemain yang habis Juni tidak diperbarui. Demikian menurut studi yang dilakukan Football Observatory di Swiss.

Baca Juga:

8 Pemain West Ham United Alami Gejala Virus Corona

Aubameyang Diprediksi Gabung Barcelona atau Manchester City

Manchester City Diramal Tak Akan Merelakan Pep Guardiola ke Juventus

"Besaran penurunan beragam tregantung beberapa faktor, seperti usia pemain, durasi kontrak, rekam jejak pemain, dan performa terkini," studi menjelaskan seperti dikutip dari Reuters.

Pemain yang lebih tua umumnya memiliki durasi kontrak pendek dan tampil lebih sedikit. Mereka ini yang akan terkena dampak lebih besar. Studi menjadikan Paul Pogba sebagai contoh.

Gelandang Manchester United asal Prancis tersebut saat ini berusia 27 tahun dan kontraknya akan berakhir tahun depan. Dengan catatan tersebut, nilai transfer Pogba diperkirakan akan turun lebih dari separuh menjadi hanya 35 juta euro. Seperti diketahui Man United harus mengeluarkan 105 juta euro untuk memboyong Pogba dari Juventus.

Studi juga menunjukkan penurunan nilai pasar dari klub. Sebagai contoh total nilai pasar pemain Manchester City kemungkinan akan terpangkas hingga 412 juta euro. Angka yang menurut studi merupakan depresiasi tertinggi di lima liga besar Eropa.

Virus Corona
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan