BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 di Rusia akan dihelat pada Kamis (14/6). Beberapa kalangan khawatir ketika itu negeri yang berideologi komunis tersebut sedang dilanda musim dingin dan membuat hujan salju turun di seluruh penjuru kota.

Kekhawatiran tersebut memang wajar. Sebab, Rusia dikenal sebagai negara yang beriklim tundra yang suhunya bisa menembus hingga -15 derajat celcius hingga -50 derajat celcius pada musim dingin.

Apalagi, berdasarkan pengalaman tidak jarang pertandingan di Premier Liga -kasta tertinggi sepak bola Rusia- harus dilangsungkan dilapangan yang ditutupi salju. Hal tersebut tentu menjadi masalah bagi negara-negara dari Amerika dan Asia yang tidak terbiasa dengan cuaca dingin.

Akan tetapi, berdasarkan perkiraan cuaca yang dirilis Accu Weather, kondisi Rusia pada saat dihelatnya Piala Dunia yakni 14 Juni hingga 15 Juli 2018 sedang dalam musim panas.

Rata-rata, suhunya berkisar antara 25 derajat celcius hingga 15 derajat celcius. Namun, perlu diwaspadai karena beberapa hari akan terjadi hujan disertai petir. Hal itu tentu akan menambah dingin suhu di Rusia.

Biasanya, musim panas di Rusia akan berlangsung pada Mei hingga Agustus. Dengan begitu, para pemain dan suporter yang tidak terbiasa dengan cuaca dingin tidak perlu khawatir dengan adanya perbedaan suhu yang mencolok.

Piala Dunia 2018 akan diikuti 32 negara. Nantinya, 64 pertandingan dimainkan di 12 stadion yang tersebar di 11 kota. Adapun pertandingan pembuka akan mempertemukan tuan rumah Rusia menghadapi Arab Saudi, di Stadion Luzhniki, Kamis (14/5). Sebelum pertandingan tersebut dimulai akan ada acara pembukaan yang dimeriahkan oleh penyanyi official song Piala Dunia, Jason Derulo.