BolaSkor.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menegaskan dirinya bukan pelatih terbaik di dunia. Ia merasa trofi yang selama ini diraih hanya karena kebetulan mendapat tim dengan kualitas pemain luar biasa.

Pep Guardiola merupakan pelatih sukses. Bersama Barcelona, ia menorehkan rekor gemilang berhasil mendapat 179 kemenangan dari 247 laga.

Baca juga:

Demi Sepak Bola Italia, Pep Guardiola Dapat Dukungan Latih Juventus

Pep Guardiola Pernah Ingin Jadikan Manuel Neuer sebagai Gelandang di Bayern Munchen

Pep Guardiola

"Hingga saat ini saya tak pernah merasa sebagai pelatih terhebat dunia. Meskipun saya berhasil menjadi juara liga enam kali secara beruntun, saya tidak akan merasa seperti itu," ujar Guardiola dikutip dari Sky Sports.

"Berikan saya tim yang bukan tim seperti Manchester City, maka saya tak akan bisa memenangi apa pun," lanjutnya.

Ia juga berhasil meraih 14 trofi, tiga trofi La Liga (2008-11), dua Copa del Rey (2008-12), tiga Piala Super Spanyol (2009-11), dua Liga Champions (2008-11), dua Piala Super Eropa (2009, 2011), dan dua Piala Dunia Antarklub (2009, 2011).

Pelatih asal Spanyol itu pun didukung pemain berkualitas saat menangani Barcelona. Sebut saja Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Carles Puyol, Samuel Eto'o, dan Thierry Henry.

Setelah hampir tujuh tahun bersama Barcelona, Pep Guardiola hijrah ke Manchester City pada musim 2016. Di tangannya, The Citizens berhasil meraih 158 kemenangan dari 213 pertandingan sampai sejauh ini.

Dua trofi Premier League telah diraih Manchester City dalam asuhannya. Beberapa trofi liga domestik juga diamankan olehnya seperti FA Cup dan Piala Liga Inggris.

Penulis: Deva Asmara Kusuma