Sukses SEA Games 2023 Sebuah Semangat Kebangkitan Nasional

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 18 Mei 2023
Sukses SEA Games 2023 Sebuah Semangat Kebangkitan Nasional
Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim menilai bahwa pencapaian Indonesia di SEA Games 2023 menjadi sebuah semangat kebangkitan nasional. Pencapaian tersebut sekaligus akan menyelimuti Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada Sabtu (20/5).

Tim Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir perolehan. Pasukan Merah-Putih sukses menyabet 276 medali, dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Capaian Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim itu melampaui target perolehan medali yang telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat pelepasan di Istana Negara, Selasa (2/5), yakni di atas 69 medali emas.

Tak hanya memenuhi target Presiden Jokowi, capaian ini merupakan yang terbaik dalam enam SEA Games terakhir. Dalam lima SEA Games sebelumnya atau sejak 2013, perolehan medali emas Tim Indonesia tidak pernah menyentuh angka 80.

Baca Juga:

Raih Medali Emas SEA Games 2023, Luis Milla Puji PSSI dan Pemain Timnas Indonesia

Rahmat Erwin Abdullah Kejar Poin Olimpiade dan Berambisi Pecahkan Rekor Dunia

CdM Lexyndo Hakim mendapat karangan bunga setelah sukses memimpin Tim Indonesia di SEA Games 2023.

"Pertama-tama hanya satu kata, kita bersyukur, berterima kasih atas pencapaian prestasi Tim Indonesia pada SEA Games di Kamboja. Tentunya terima kasih sebesar-besarnya serta apresiasi sangat tinggi kepada seluruh pihak, seluruh atlet, seluruh kontingen, cabor, yang telah berjuang bersama, memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama bangsa di kancah SEA Games 2023," kata Lexyndo Hakim di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (18/5) malam.

Hal ini disampaikan Lexyndo Hakim setibanya di Indonesia. Ia juga menyampaikan keyakinannya bahwa masa depan olahraga Indonesia akan cerah.

"Menjelang 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, tentunya juga kita diselimuti semangat kebangkitan nasional, yang mana prestasi olahraga kita cukup meningkat dan bangkit secara eksponensial."

"Tercatat 87 kali kita menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 276 kali bendera Merah-Putih dikibarkan. Ini pencapaian seluruh pihak, berkat doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia," sambung Lexy sapaan akrabnya, yang juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden, Wakil Presiden, Menpora, Presiden NOC Indonesia, dan KONI.

"Alhamdulillah peringkat ketiga dipertahankan, ada delapan cabor jadi juara umum, ini kita syukuri dan apresiasi. Pada 1 Juni Hari Lahir Pancasila, sudah dibuktikan adik-adik di sana. Bertarung dengan daya juang, spirit, berani, pantang menyerah, karakter Indonesia, penuh nyali, dan sekarang saya percaya dengan sejarah ini, masa depan olahraga Indonesia cerah dan budaya olahraga baru Indonesia akan dimulai."

SEA Games 2023 Tim Indonesia Lexyndo Hakim Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan