BolaSkor.com – FC Barcelona tak jua mendatangkan gelandang-gelandang yang mereka incar sejak bursa transfer musim panas ini. Kehadiran Arturo Vidal dan Arthur Melo tak cukup memuaskan jajaran direksi Barca yang masih mengincar Adrien Rabiot (Paris Saint-Germain) dan Frenkie de Jong (Ajax Amsterdam).

Meski begitu, mendatangkan keduanya bukan perkara mudah. Barca melalui proses yang sulit untuk sekedar melakukan negosiasi dengan kedua pihak. PSG masih berharap bisa mempertahankan Rabiot, sementara De Jong baru akan hengkang di musim panas mendatang.

Barca masih berpeluang besar merekrut keduanya, mengingat godaan bergabung dengan Barca yang diperkuat Lionel Messi terlalu sulit ditolak. Tapi, jika fakta membuktikan keduanya sulit didatangkan, maka Barca telah menyiapkan pemain alternatif.

Diberitakan media yang berbasis di Barca, Sport-English, Barca mengincar gelandang Olympique Lyonnais, Tanguy Ndombele. Baru berusia 21 tahun, perkembangan Ndombele sudah berkembang pesat dengan Lyon dan dipanggil masuk Didier Deschamps ke timnas Prancis.

“Selepas bekerja dengan kebugaran tubuhnya (bertinggi badan 1,81 meter dan bobot 76 kilogram) bersama pelatih pribadi dan ahli gizi, pemuda Prancis mulai memperlihatkan talenta besarnya. Dia mampu menciptakan ruang sebagus menemukan ruang agar rekan setim mudah mengopernya. Dia punya sentuhan bola hebat dan juga visi yang hebat,” tulis Sport-English di artikelnya.

Tulisan di atas sedianya sudah cukup menggambarkan sosok Ndombele. Tipikal gelandang bertahan yang mengandalkan fisik untuk merebutkan bola, tapi juga bisa memulai transisi serangan dengan baik. Ndombele bisa jadi pivot (gelandang jangkar) yang bagus di masa depan.

Disinyalir Barca butuh pelapis sepadan bagi Sergio Busquets dan Ndombele jadi pemain alternatif, apabila De Jong dan Rabiot urung datang. Sejauh ini, Ndombele sudah memainkan 13 laga Ligue 1, empat laga Liga Champions dan mencetak dua gol, menciptakan empat assists.

Sebelum di Lyon, Ndombele menghabiskan tiga tahun di SC Amiens dan membawa klub promosi ke Ligue 1. Lyon terlebih dahulu meminjamnya musim lalu seharga dua juta euro. Puas dengan performanya, Lyon mempermanenkannya musim ini sebesar delapan juta euro.

“Saya tidak akan menutup pintu untuk klub manapun. Pemilik klub yang akan menentukan,” ucap Ndombele soal ketertarikan klub-klub besar Eropa. Peran Eric Abidal, pria Prancis yang kini menjabat sebagai Direktur Olahraga Barca, berperan penting dalam memperbesar kans Ndombele ke Camp Nou.