BolaSkor.com - LaLiga dipastikan menjadi liga elite Eropa dengan persaingan tersengit pada musim 2020-2021. Dengan lima laga tersisa, masih sulit untuk memprediksi peraih gelar juara.

Barcelona harusnya bisa menentukan nasibnya sendiri andai mampu meraih kemenangan saat menjamu Granada di Camp Nou, Jumat (30/4) dini hari WIB. Namun Blaugrana secara mengejutkan justru takluk dengan skor 1-2.

Kekalahan itu membuat Barcelona gagal mengkudeta posisi Atletico Madrid dari puncak klasemen. Tim asuhan Ronald Koeman tersebut kini tidak bisa menentukan nasibnya sendiri dalam perburuan gelar juara.

Baca Juga:

Barcelona Ditekuk Granada di Camp Nou, Koeman Ungkap Penyebabnya

Soal Masa Depan di Madrid, Jawaban Raphael Varane Meragukan

Membandingan Lawan Barcelona, Madrid, Atletico, dan Sevilla pada Sisa Laga LaLiga

Real Madrid menjuarai LaLiga musim lalu.

Atletico kini menjadi tim yang peluangnya paling besar untuk meraih gelar juara. Tim asuhan Diego Simeone itu hanya butuh menyapu bersih lima laga sisa dengan kemenangan untuk mengunci gelar juara.

Namun Atletico masih akan bertandang ke markas Barcelona pada pekan ke-35. Hasil laga ini akan sangat menentukan alur perburuan gelar.

Andai mampu mengalahkan Atletico dan menyapu bersih semua laga sisa, Barcelona tak otomatis merebut gelar juara. Lionel Messi dan kawan-kawan harus berdoa agar Real Madrid gagal memenangi salah satu pertandingan.

Saat ini Madrid dan Barcelona memang sama-sama mengumpulkan 71 poin. Namun El Barca kalah head to head karena menderita kekalahan dalam dua pertemuan musim ini.

Head to head memang menjadi opsi pertama yang dilihat jika ada dua tim dengan jumlah poin sama di LaLiga. Sementara kompetisai lain biasanya lebih dulu melihat selisih gol.

Meski begitu, ambisi Madrid untuk menyapu bersih lima laga sisa dengan kemenangan tidak akan mudah terwujud. Tim asuhan Zinedine Zidane masih akan berhadapan dengan lawan-lawan yang menyulitkan seperti Sevilla, Granada, Athletic Bilbao, dan Villarreal.

Kejutan Sevilla

Yang menarik, perburuan gelar LaLiga tidak hanya melibatkan tiga tim tersebut. Sevilla yang kini duduk di peringkat keempat juga masih memiliki peluang yang tak kalah besar karena hanya tertinggal tiga poin dari Atletico.

Sevilla wajib menyapu bersih semua laga sisa untuk menjaga peluang juaranya. Tim asuhan Julen Lopetegui juga harus berharap Atletico dan Barcelona terpeleset.

Kondisi ini membuat perubahan posisi di papan atas sangat mungkin terjadi di setiap pekannya. Tim yang mampu mengatasi tekanan dan paling sedikit melakukan kesalahanlah yang akan keluar sebagai juara.

Jadwal lima pertandingan terakhir empat tim teratas LaLiga:

Atletico Madrid (73 poin)
Elche vs Atletico Madrid
Barcelona vs Atletico Madrid
Atletico Madrid vs Real Sociedad
Atletico Madrid vs Osasuna
Real Valladolid vs Atletico Madrid

Real Madrid (71 poin)
Real Madrid vs Osasuna
Real Madrid vs Sevilla
Granada vs Real Madrid
Athletic Bilbao vs Real Madrid
Real Madrid vs Villarreal

Barcelona (71 poin)
Valencia vs Barcelona
Barcelona vs Atletico Madrid
Levante vs Barcelona
Barcelona vs Celta Vigo
Eibar vs Barcelona

Sevilla (70 poin)
Sevilla vs Athletic Bilbao
Real Madrid vs Sevilla
Sevilla vs Valencia
Villarreal vs Sevilla
Sevilla vs Alavés