BolaSkor.com - Mantan pemain Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan pendapatnya terkait susunan komposisi Skuat Garuda untuk Piala AFF 2018. Menurutnya, sangat ideal jika komposisi Timnas Indonesia nantinya dihuni para pemain U-23 yang diproyeksikan untuk Asian Games, dengan ditambah penggawa senior.

"Karena pemain U-23 sekarang notabenenya pemain kunci di timnya. Siapa cadangan di tim ini, tidak ada. Coba kita lihat dari bek kanan, kiri, tengah, kecuali depan. Depan memang menjadi pekerjaan rumah sampai saat ini," kata Ponaryo Astaman.

"Saya yakin di posisi yang lain itu sudah menjadi tulang punggung bagi tim di Liga 1. Ini memang sudah waktunya mereka. Kalau tambah pemain senior itu kembali lagi oleh tim pelatih. Contohnya Riko (Simanjuntak), yang saat ini jadi perbincangan. Dengan penampilan Riko di Liga 1 kan bisa dilihat. Kalau ada yang lebih bagus ya silahkan (dipanggil). Akan baiknya kalau tim ini dipertahankan," lanjutnya.

Untuk itu, ia berharap PSSI agar mempertahankan Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Menurutnya, pelatih asal Spanyol itu sudah memberikan perubahan permainan Timnas Indonesia selama dua tahun belakangan ini.

"Kalau saya pikir idealnya Luis Milla dipertahankan, karena terbukti selama dua tahun ini kita bisa dapat perubahan permainan Timnas. Gambaran kasarnya lebih bagus ketimbang satu atau dua tahun kemarin," kata Ponaryo.

Sebagai informasi tambahan, Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2018 bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang kualifikasi antara Timor Leste kontra Brunei Darussalam. Skuat Garuda melakoni laga dua tandang dan kandang.

Timnas Indonesia melakoni laga tandang menghadapi Thailand dan Singapura. Lalu dua laga kandang saat menantang Filipina dan pemenang kualifikasi.

Indonesia terlebih dahulu menghadapi Singapura pada laga tandang tanggal 9 November. Lalu 13 November berhadapan dengan pemenangan kualifikasi.

17 November menghadapi laga tandang melawan Thailand. Enam hari berselang baru menghadapi Filipina di laga kandang.