BolaSkor.com - Timnas Swiss mengawali kiprahnya di grup G Piala Dunia 2022 dengan kemenangan. Rossocrociati susah payah memengalahkan Kamerun.

Dalam laga yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Kamis (24/11), Swiss menaklukkan Kamerun dengan skor 1-0. Namun hasil itu diraih lewat perjuangan berat selama 90 menit.

Kamerun lebih dulu menciptakan peluang emas pada menit kesepuluh. Sayang, Karl Toko Ekambi kurang tenang saat menyambut bola muntah dari tepisan Yann Sommer sehingga bola melambung di atas mistar gawang.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Kemenangan atas Jerman Sesuai Ramalan, Seekor Berang-Berang Populer di Jepang

Statistik di Balik Performa Gemilang Gavi, Pemecah Rekor Piala dunia 2022

Piala Dunia 2022: Harry Kane Batal Pulang Lebih Cepat

Swiss mencoba membalas lewat serangan dari kedua sisi lapangan. Namun barisan pertahanan Kamerun masih sigap mengantisipasinya.

Sejumlah peluang lain sempat didapatkan kedua tim. Namun skor imbang 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Usai turun minum, Swiss langsung tampil menggebrak. Tim asuhan Murat Yakin hanya butuh dua menit untuk memecah kebuntuan lewat tembakan Breel Embolo memanfaatkan umpan mendatar Xherdan Shaqiri.

Menariknya, Embolo merupakan pemain yang lahir di Kamerun. Ia pun menolak merayakan gol tersebut secara berlebihan.

Setelah kebobolan, Kamerun tampil lebih agresif untuk menyamakan kedudukan. Kondisi ini membuat pertandingan berjalan terbuka.

Pada menit ke-57, Eric Maxim Choupo-Moting melakukan tusukan ke kotak penalti Swiss. Namun tembakannya masih bisa ditepis oleh Sommer.

Kamerun kembali mendapat peluang emas pada menit ke-66. Kali ini sundulan Andre Zambo Anguissa juga masih mampu diredam oleh Sommer.

Tak lama berselang, giliran Andre Onana yang beraksi. Kiper Kamerun itu terbang untuk menepis tembakan Ruben Vargas.

Dua menit sebelum waktu normal berakhir, giliran Granit Xhaka yang menguji ketangguhan Onana. Kali ini tembakan jarak jauh gelandang Arsenal itu juga masih mampu diantisipasi dengan sempurna.

Swiss mampu mempertahankan kemenangannya hingga laga usai. Wakil Eropa itu untuk sementara memuncaki klasemen grup G yang juga dihuni Brasil dan Serbia.

Susunan Pemain

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez (Eray Comert 90'); Remo Freuler, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri (Noah Okafor 72'), Djibril Sow (Fabian Frei 72'), Ruben Vargas (Fabian Rieder 81'); Breel Embolo (Haris Seferovic 72').

Pelatih: Murat Yakin.

Kamerun (4-3-3): Andre Onana; Collins Fai, Jean-Charles Castelleto, Nicolas N'Koulou, Nouthou Tolo; Andre Zambo Anguissa, Samuel Oum Gouet, Martin Hongla (Gael Ondua 68'); Bryan Mbeumo (Nicolas Mou8mi Ngamaleu 81'), Eric Maxim Choupo-Moting (Vincent Aboubakar 74'), Karl Toko Ekambi (Georges-Kevin N'Koudou 74').

Pelatih: Rigobert Song.