BolaSkor.com - AC Milan menjaga asa lolos ke babal 16 besar Liga Champions 2021-2022 usai menumbangkan Atletico Madrid 1-0, di Estadio Wanda Metropolitano, pada matchday 5 Grup B, Kamis (25/11) dini hari WIB. Namun, bukan berarti jalan Rossoneri ke babak berikutnya benar-benar mudah.

AC Milan memberikan perlawanan sengit untuk Atletico. Bahkan, Milan lebih unggul dari sisi penguasaan bola dan jumlah peluang.

Kegigihan Milan mendulang gol akhirnya berbuah manis jelang akhir laga. Tandukan Junior Messias pada menit ke-87 membawa Il Diavolo Rosso meraih tiga poin.

"Memang benar saya merayakan kemenangan ini dengan para pemain. Mereka menunjukkan penampilan yang penting," jelas pelatih Milan, Stefano Pioli seperti dilaporkan Amazon Prime Video.

"Kami pantas menang. Kami menunjukkan kualitas dan keberanian. Mereka selalu membuat kami percaya dan layak merayakan bersama pemain."

Baca Juga:

Butuh Keajaiban dan Keberuntungan untuk Milan Lolos ke-16 Besar Liga Champions

8 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan Arsenal

Hasil Liga Champions: Milan Jaga Asa, Inter Lolos 16 Besar, City Bungkam PSG

Pioli pun angkat topi atas penampilan Messias. Apalagi, sang pemain sempat kesulitan pada awal musim karena mengalami cedera.

"Ini cerita yang indah. Namun, saya rasa ini baru awal. Messias punya kualitas yang apik. Gol ini akan memberi lebih banyak keyakinan. Messias akan membantu tim," papar Pioli.

Dengan hasil itu, Milan menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan empat poin. Milan punya poin yang sama dengan peringkat keempat, Atletico Madrid.

Sementara itu, Porto yang pada laga lainnya dikalahkan Liverpool masih terpaku pada pos kedua dengan lima poin. Adapun, Liverpool yang sudah menyegel tiket babak berikutnya mendulang 15 poin.

Kini, tak ada jalan lain bagi Milan selain menang pada matchday pamungkas melawan Liverpool di San Siro. Andai kalah atau seri, Milan akan mengucapkan selamat tinggal pada Liga Champions.

Namun, andai menang pun, Milan masih harus menggantungkan nasib dari pertandingan lain. Jika Porto mengalahkan Los Rojiblancos, kemenangan Milan tidak ada artinya untuk lolos ke babak gugur. Andai laga tersebut berakhir seri dan pada sisi lainnya Milan menang, Rossoneri akan menemani Liverpool.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana jika Atletico yang menang kontra Porto. Hasil tersebut akan membuat Milan dan Atletico bersaing dari sisi selisih gol. Sebab, head to head keduanya adalah sama kuat 2-2.

Jika tetap sama pada hal selisih gol, Milan dan Atletico akan bersaing dalam hal total gol, jumlah gol tandang, jumlah kemenangan, jumlah kemenangan tandang, atau poin indisipliner berdasarkan kartu merah dan kartu kuning. Tolok ukur di atas dilihat secara berurutan. Jika sudah ditemukan tim yang lebih baik, tiket babak 16 besar pun akan diberikan.