BolaSkor.com - Nasib malang dialami pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Pembalap berjuluk El Diablo itu dijatuhi hukuman penalti long lap usai menabrak Aleix Espargaro di MotoGP Belanda, Minggu (26/6).

Peristiwa ini terjadi pada lap keempat di tikungan kelima. Quartararo yang mencoba menyalip dari dalam, tiba-tiba saja mengalami lowside dan menyeret Espargaro.

Akibat kejadian itu kedua pembalap tersebut sempat masuk ke area gravel. Beruntung keduanya dapat kembali meneruskan balapan.

Berdasarkan informasi dari motogp.com, Steward memutuskan Quartararo bersalah. Pembalap asal Perancis itu akhirnya menerima hukuman penalti long lap di MotoGP Inggris, 7 Agustus mendatang.

Baca Juga:

Murid Valentino Rossi Berjaya di MotoGP Belanda

Langgar Aturan, Aleix Espargaro Kena Penalti

“Panel steward FIM MotoGP menyatakan Quartararo terlalu ambisius dalam menyalip Espargaro. Pembalap nomor 20tidak dalam posisi yang baik untuk melakukan gerakan dan jatuh, menyebabkan kontak dengan pembalap nomor 41 sehingga membuatnya melebar,” dilansir melalui keterangan resmi MotoGP.

“Tindakan menghindar yang dilakukan Espargaro membuatnya terhindar dari kecelakaan dan kembali ke balapan. Namun balapannya tetap terganggu. Quartararo dihukum penalti long lap di MotoGP Inggris,” tambahnya.

Sayangnya usai kejadian itu, Quartararo kembali tertimpa nasib buruk. Peraih gelar juara dunia musim 2021 itu mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya tidak dapat melanjutkan balapan.

Sementara Espargaro justru tampil memukau. Sempat merosot ke posisi 15 akibat tabrakan tersebut, pembalap asal Spanyol ini berhasil mengejar lawan-lawannya hingga finish di posisi keempat.

Penulis: Bintang Rahmat