BolaSkor.com - Sport and Competition Director FIBA, Predrag Bogosavljev, memberi pernyataan tegas terkait kesempatan tim nasional basket Indonesia tampil di FIBA World Cup 2023. Predrag memastikan tim Garuda tak bisa tampil pada ajang empat tahunan tersebut.

Tim nasional basket Indonesia gagal melaju ke FIBA World Cup 2023 setelah tersingkir pada playoff perempat final FIBA Asia Cup 2021. Bagi FIBA, aturan itu mutlak.

“Aturannya, Indonesia harus tembus perempat final Piala Asia FIBA untuk lolos Piala Dunia," ujar Predrag.

“Sayangnya, saat ini, Indonesia tidak mampu memenuhinya sehingga praktis tidak ada kemungkinan bagi Indonesia untuk bermain di Piala Dunia," imbuhnya.

Sebelumnya PP Perbasi memberi pernyataan akan melakukan segala cara agar tim nasional basket Indonesia bisa tampil pada FIBA World Cup 2023. Jalur lobi akan diupayakan demi memenuhi target tersebut.

“Jangan lupakan juga, saat timnas basket Indonesia main, animonya begitu luar biasa. Istora Senayan penuh," ujar Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

"Saya yakin ini akan jadi pertimbangan FIBA dalam memutuskan apakah Indonesia akan tampil di Piala Dunia FIBA 2023 atau tidak."

"Sebab, tentu FIBA tidak ingin gelaran Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena, GBK, Jakarta sepi," imbuhnya.