BolaSkor.com - Setelah 19 tahun menanti, Piala Thomas akhirnya kembali ke Tanah Air. Sayangnya, perayaan jura kurang lengkap karena Merah Putih tak bisa berkibar di podium tertinggi.

Adanya sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) membuat Merah Putih tak bisa berkibar. Sanksi itu akibat kelalaian Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) yang tak mengirimkan sampel atlet pada 2020 dan 2021.

Keteledoran itu membuat mantan pebulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, berang. Peraih medali emas Olimpiade Athena itu memertanyakan peran pemangku kepentingan olahraga di Indonesia.

Baca Juga:

Penantian 19 Tahun Lunas, Indonesia Juara Piala Thomas 2020

Piala Thomas: Fajar/Rian Menang, Indonesia Unggul 2-0

“Ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khususnya Menpora, KONI dan KOI? Kerjamu selama ini ngapain saja? Bikin malu negara indonesia aja,” ujar Taufik.

“Jangan ngarep jadi tuan rumah Olimpaide atau Piala Dunia. Urusan kecil saja tidak bisa beres. Kacau dunia olahraga ini," imbuhnya.

Indonesia memenangi Piala Thomas setelah menumbangkan China denan skor 3-0 di partai final, Minggu (17/10). Jonatan Christe menjadi penentu kemenangan dengan mengalahkan Li Shie Feng 21-14, 18-21, dan 21-14.