BolaSkor.com - Patut diakui, sukses atau berhasilnya sebuah kesebelasan tergantung dari pelatih yang menangani. Meski bukan satu-satunya alasan, tetapi faktor itu cukup berpengaruh.

Contohnya saja ketika Manchester United menggantikan Sir Alex Ferguson dengan David Moyes. Dengan skuat yang tidak jauh berbeda, The Red Devils hancur lebur.

Kalau ditanya siapa pelatih terbaik di dunia saat ini, jawabannya bisa beragam. Kalau tolok ukurnya adalah konsistensi, Pep Guardiola bisa menjadi jawaban.

Baca Juga:

Pep Guardiola Bicarakan Peluang Manchester City Menang di Anfield

Pep Guardiola Ungkap Rencana Manchester City Andai Dikalahkan Liverpool

Jurgen Klopp

Akan tetapi, keberhasilan Jurgen Klopp memimpin Liverpool memenangi Liga Champions bisa membuatnya menjadi pelatih terbaik dunia. Maklum, The Reds kering prestasi selama beberapa musim terakhir.

Sayangnya gaji yang diterima oleh Jurgen Klopp tidak terlalu besar. Bahkan, namanya tidak masuk ke dalam daftar lima pelatih dengan gaji termahal dunia 2019.

Lantas, siapa saja sosok yang menyandang predikat tersebut? Berikut ini BolaSkor.com merangkum mereka-mereka yang menerima gaji selangit dari klub yang ditanganinya:

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino

Lima tahun sudah Mauricio Pochettino menangani Tottenham Hotspur. Sayangnya, tidak ada satu pun trofi yang dia datangkan untuk The Lilywhites.

Kondisi tersebut membuat banyak pihak terheran-heran dengan Tottenham yang berani membayar Pochettino cukup mahal. Pria asal Argentina itu menerima 8,5 juta pounds per musim.

Meski begitu, seharusnya mereka mengingat perbedaan Tottenham era Pochettino dengan sebelumnya. Sejak eks pelatih Espanyol itu menjabat, The Lilywhites konsisten di papan atas.

Zinedine Zidane

Caption

Ketika meninggalkan Real Madrid pada 2018, pendapatan Zinedine Zidane hanya 7,5 juta euro per musim. Saat itu, Zidane menuai kesuksesan bersama Los Merengues.

Sempat absen pada paruh pertama musim 2018-2019, Zidane kembali ke Real Madrid. Namun, kali ini Zidane menerima bayaran lebih mahal, yakni 10,5 juta pounds per musim.

Zidane diharapkan mampu mengembalikan Real Madrid ke era kejayaan. Maklum, periode pertama kepelatihannya sukses membuat Los Blancos memenangi tiga Liga Champions beruntun.