BolaSkor.com – Walaupun menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018, namun PSM Makassar tidak mengirimkan satu pun pemain ke Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Meski demikian, mereka mendoakan Timnas sukses di Piala AFF 2018.

Barito Putera dan Bhayangkara FC merupakan tim yang mengirim pemain terbanyak ke Timnas Indonesia. Kedua tim itu masing-masing menyodorkan tiga pemainnya. Sementara Arema FC, Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan Bali United masih-masing mengirim dua pemain.

Sedangkan PSM yang memuncaki klasemen hingga pekan ke-29, tidak mengirimkan satu wakil pun ke Timnas senior. Pelatih PSM Robert Rene Albert angkat bicara mengenai masalah ini.

“Dari apa yang terjadi di liga-liga dunia, pemain Tim Nasional berasal dari tim-tim yang berada di klasemen teratas. Itu normal, dan itu lah budaya sepak bola,” kata Rene Alberts.

“Namun faktanya PSM sedang memimpin tanpa pemain Timnas dan inilah poinnya saya. Ini menunjukkan bahwa kami memiliki kekuatan yang besar. Tidak ada hubungannya dengan Timnas. Seperti halnya Leicester City ketika memenangkan Liga Inggris, tidak ada pemain Timnas di sana,” jabar pelatih asal Belanda itu.

“Jadi kami tidak menyalahkan Timnas atau siapa pun itu. Yang saya ingin tunjukkan bahwa PSM bisa kuat walaupun tanpa pemain Timnas, atau belum terlalu baik untuk Timnas. Kami bisa menunjukkan itu,” tegasnya.

Meski tak ada satu pun pemainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia, Rene Alberts tetap mendoakan yang terbaik untuk tim asuhan Bima Sakti tersebut pada ajang Piala AFF 2018.

“Saya berharap Timnas Indonesia meraih hasil yang terbaik. Sebab semua pelatih di Liga ini mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas Timnas. Kalau pelatih memproduksi pemain di klubnya masing-masing, itu keuntungan untuk Timnas,” tutupnya. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)