BolaSkor.com - Tidak ada satu klub dari Bundesliga yang lolos ke perempat final Liga Champions musim ini. Terakhir kali Jerman tak mengirimkan wakil pada delapan besar Liga Champions terjadi pada 2005/06, 13 tahun lalu.

Secara kesuluruhan, Eintracht Frankfurt menjadi satu-satunya klub yang masih bertahan di kompetisi antarklub Eropa. Frankfurt lolos ke perempat final Liga Europa usai menyingkirkan Inter Milan.

Bagi sepak bola Jerman, pencapaian minor ini melengkapi catatan buruk mereka dalam satu tahun terakhir ini. Sebelumnya, tim nasional Jerman gagal total di Piala Dunia 2018, kemudian Tim Panzer terdegradasi dari UEFA Nations League.

Baca juga:

Barcelona 5-1 Lyon: Lionel Messi Cetak Dua Gol dan Assist

Puyol Sebut Juventus Pesaing Kuat Barcelona sebagai Kandidat Juara Liga Champions

"Ini sebuah tanda kalau semua yang kami lakukan tidak benar. Kami tidak usah mencari alasan," ujar Michael Ballack, eks kapten timnas Jerman usai Bayern disingkirkan Liverpool.

Catatan buruk ini makin menyakitkan jika melihat apa yang dicapai klub-klub Inggris. Tidak hanya menempatkan empat klub di perempat final Liga Champions, tiga di antaranya lolos setelah menekuk wakil Jerman.

Bayern didepak Liverpool, Borussia Dortmund disingkirkan Tottenham Hotspur, dan Schalke 04 dikubur Manchester City. Dari enam laga tersebut, klub Inggris lolos dengan total agregat gol 17-3.

Apakah ini berarti sepak bola Jerman tengah dilanda krisis? Inikah saatnya sepak bola Jerman cemas?

"Tidak semua tim di Premier League lebih bagus ketimbang Bundesliga. Tapi ada enam atau tujuh yang bisa berbicara di liga lain," ujar manajer Liverpool Jurgen Klopp dikutip AFP.

Sebagai orang Jerman, Klopp merasa sepak bola negara asalnya belum bisa disebut krisis. Bahkan kekalahan 0-7 Schalke dari City pun menurut Klopp tidak bisa menjadi barometer.

Klopp boleh saja menganggap tak ada masalah berarti di sepak bola Jerman. Namun media Jerman mayoritas mulai menyalakan lampu tanda bahaya.

"Faktanya, sepak bola Jerman ada di lapis kedua dunia. Sebagai pengingat, pada 2013 Bayern menjuarai Liga Champions dan pada 2014 kita menjadi juara dunia. Lalu 2018, timnas terdepak dari Piala Dunia di fase grup untuk pertama kalinya. Kini 2019, tak ada klub Jerman di perempat final Liga Champions," begitu tulis Bild.