BolaSkor.com - Tidak gol yang tercipta saat Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri pada pekan ke-13 Liga 1 2021/2022. Tidak adanya sosok Jose Wilkson Teixeira Rocha membuat Persebaya kesulitan untuk membongkar pertahanan Persik di Stadion Manahan, Solo malam ini.

Persebaya menguasai jalannya pertandingan mampu menciptakan sejumlah peluang. Setidaknya ada 13 tembakan yang dilakukan oleh pemain-pemain Bajol Ijo. Hanya saja, peluang-peluang dari Bruno Moreira Soares, Taisei Marukawa, Marselino Ferdinan hingga Akbar Firmansyah gagal merobek gawang Persik yang dikawal Dikri Yusron.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengakui absennya Jose Wilkson menjadi sulit mencetak gol. Hanya saja, pelatih 51 tahun tersebut berdalih telah menyusun komposisi pemain terbaik untuk mengatasi absennya penyerang asal Brasil itu.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persib Dikalahkan 0-1, Arema FC Tempel Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Persita dan Madura United Menang, Derbi Jatim Berakhir Imbang

“Salah satu (kesulitan mencetak gol) memang karena Jose Wilkson tidak main. Karena kondisinya masih belum fit 100 persen,” aku Aji dalam sesi jumpa pers virtual usai pertandingan.

“Tetapi kami memang sudah mencoba beberapa alternatif dengan komposisi pemain seperti ini. Selain itu, Persik sendiri juga tampil cukup bagus. Jadi pertandingan ini tidak mudah. Menurut saya ini kami sayangkan, karena dari hasil tidak menang. Namun kami masih bersyukur masih mendapatkan poin,” sambung pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Kendati membutuhkan gol, Aji malah menarik keluar striker gaek Samsul Arif. Dia digantikan oleh Akbar, sementara Bruno diinstruksikan berperan sebagai ujung tombak Persebaya. Terkait hal ini, Aji punya penjelasannya.

“Saya menarik Samsul justru ingin meningkatkan (daya) serang dengan memasukan pemain yang lebih fresh. Kemudian saya dorong Bruno untuk lebih ke depan. Justru agar lebih menyerang. Dan itu terbukti ada beberapa peluang yang seharusnya menjadi gol. Tetapi tidak tercipta, (Persik) masih ditolong oleh tiang dan mistar gawang,” ungkap Aji.

Wonderkid Persebaya Marselino Ferdinan juga mengakui jika Persik menampilkan permainan yang apik. Dia menilai jarak antar lini tim berjulukan Macan Putih itu cukup rapat sehingga membuat Persebaya kesulitan mencetak gol. “Perlu kami akui pertahanan Persik cukup kompak hari ini. Faktor keletihan, mungkin juga mempengaruhi kondisi kami. Karena (jadwal) terlalu mepet juga,” jelasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)