BolaSkor.com - Tim balap sepeda Indonesia harus memutar otak berlatih di masa pandemi virus corona. Ruang publik yang biasa digunakan kini tak bisa dipakai sementara waktu.

Alhasil, pelatih tim balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo, mencari cara agar latihan bisa terus berjalan. Satu di antaranya dengan mengajukan pembelian alat virtual training.

Sejauh ini, tim BMX Indonesia masih melakukan latihan di ruang publik. Berbeda dengan sepeda track, atlet BMX harus memiliki kepekaan terhadap medan.

“Khusus pebalap BMX itu memang tidak bisa sepenuhnya latihan Indoor. Mereka butuh latihan di Sirkuit BMX untuk melatih skillnya. Yang pasti, saat mereka latihan tidak boleh ada pebalap BMX lain dan juga masyarakat yang biasa datang menyaksikan. Ini sesuai anjuran pemerintah dalam upaya mengantisipasi Covid 19," jelas Dadang.

Baca Juga:

Menpora Siapkan Skenario Terburuk untuk PON 2020

Akibat Virus Corona, Tak Ada Juara Proliga 2020

“Peralatan virtual training itu sudah digunakan pembalap sepeda dunia khusus nomor trek yang menjalani latihan indoor. Keberadaan virtual training itu bukan hanya bisa menghilangkan kejenuhan tetapi juga mendukung peningkatan prestasi para pembalap khusus nomor trek," sambungnya.

Selain virtual traingin, Dadang turut mengajukan pembelian peralatan gym. Selama pandemi virus corona, tempat berlatih para atlet tidak bisa digunakan.

“Kami sangat membutuhkan peralatan gym karena selama ini menggunakan gym yang ada di Malang dan Banyuwangi. Peralatan itu bisa digunakan secara bergantian para pembalap pelatnas Olimpiade baik nomor trek maupun BMX,” ujar Dadang.