Tak Hanya Covid-19, Atlet Paralimpiade Juga Bertarung dengan Cuaca Panas

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 26 Agustus 2021
Tak Hanya Covid-19, Atlet Paralimpiade Juga Bertarung dengan Cuaca Panas
Paralimpiade Tokyo 2020

BolaSkor.com - Paralimpiade Tokyo 2020 tidak hanya diselimuti ancaman Covid-19 saja. Nyatanya event empat tahunan ini juga harus bersiap dengan adanya cuaca panas yang menggila.

Disela-sela pertandingan ini para atlet akan dihadapkan dengan cuaca panas. IPC sempat memperkirakan kenaikan suhu akan mencapai 30 derajat Celcius.

Anggota tim medis IPC, Nick Webborn, sempat memperingatkan situasi ini kepada para atlet. Nick bahkan mengakui dalam event Paralimpiade kali ini, permasalahan cuaca panas tidak boleh disepelekan. Bahkan permasalahan ini dinggap sejajar dengan virus Covid-19.

“Kita tidak boleh hanya berpikir mengenai COVID sebagai masalah utama kesehatan ketika menimpa atlet. Cuaca panas juga menjadi rintangan berat lainnya. Kita telah mengalaminya dan cuaca akan semakin panas seiring waktu berjalan,” tutur Nick dikutip dari paralympic.org.

Baca Juga:

Paralimpiade Tokyo 2020: Ni Nengah Sumbang Medali Pertama

Paralimpiade Tokyo 2020 Pecahkan Rekor Atlet Terbanyak

Menurut Nick, cuaca panas tidak hanya memberikan efek buruk kepada performa para atlet. Cuaca panas juga bisa mengancam keselamatan mereka. Oleh sebab itu harus ada penanganan yang dilakukan.

“Sebagai contoh, atlet yang memiliki cedera tulang belakang. Thermoregulation mereka sangat terbatas. Akibatnya merekatidak bisa mengatasi panas dengan cara yang sama seperti orang pada umumnya. Mereka harus waspada dan wajib mendapatkan penanganan secepatnya sebelum terlambat,” jelas Nick.

“Dapat sadar dengan apa yang akan terjadi sangatlah penting. Terutama bagi atlet yang memiliki gangguan tertentu,” tambah Nick.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Paralimpiade
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan