BolaSkor.com - Kiprah Timnas Indonesia U-16 pada turnamen Jenesys di Jepang sangat membanggakan. Skuat Garuda Asia berhasil menyabet gelar juara.

Kepastian itu didapat usai Timnas U-16 menumbangkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0, pada laga final yang berlangsung di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3) siang WIB.

Dalam pertandingan tersebut, gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia U-16 dicetak oleh Rendy Juliansyah pada menit ke-64. Ini merupakan kemenangan keempat Timnas U-16 di turnamen Jenesys.

Sebelumnya, Timnas U-16 menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Di mana, anak-anak asuhan Fakhri Husaini mengalahkan Filipina (7-0) dan Kamboja (1-0) pada babak penyisihan grup. Kemudian, Skuat Garuda Asia mennyingkirkan tuan rumah Jepang di babak semifinal melalui kemenangan 1-0.

Tak hanya gelar juara, prestasi Timnas U-16 dilengkapi dengan penghargaan individu. Pemain Timnas U-16, David Maulana terpilih sebagai pemain terbaik turnamen Jenesys 2018.

Timnas Indonesia U-16 juara turnamen Jenesys di Jepang. (PSSI)

“Penghargaan ini saya tujukan untuk orang tua saya dan semua keluarga saya. Terutama abang saya, karena pertama kali saya suka dan bermain sepak bola itu karena melihat aksi abang saya bermain,” tutur David.

“Tak lupa juga saya berterima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung saya di dalam dan di luar lapangan, jajaran pelatih yang memberikan latihan dan selalu percaya kepada saya. Saya akan terus bekerja keras, karena target saya adalah bisa bermain di Piala Dunia. Saya ingin lebih membahagiakan serta membanggakan keluarga, bangsa dan negara."

"Saya ingin meraih juara bersama Timnas U-16 saat Piala AFF (U-15) dan Piala Asia (AFC U-16) nanti. Selain itu mengejar asa lolos Piala Dunia U-17 pada tahun 2019 mendatang."

Di sisi lain, David Maulana merupakan penggemar gelandang bertahan Persib Bandung, Hariono. "Kalau untuk pemain lokal, saya suka dengan Hariono. Sedangkan di internasional saya suka permainan Luka Modric. Keduanya adalah pemain yang bagus dan sama posisinya dengan saya," ungkapnya.

Profil Singkat Pemain:

Nama: David Maulana
Tempat tanggal lahir: Medan, 25 Februari 2002
Asal Akademi Saat Ini: PPLP Medan
Pemain Idola: Hariono, Luca Modric
Nomor Punggung: 6
Karier bermain:
- SSB Medan
- PPLP Medan
- Tim Nasional Indonesia U-16 (Tien Phong Plastic Cup 2017, Piala AFF U-15 2017, Kualifikasi Piala AFC U-16 2017, Turnamen Jenesys)