Tak Ingin Kecolongan, PSS Sleman Gelar Tes Medis Secara Mendetail

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 23 Februari 2020
Tak Ingin Kecolongan, PSS Sleman Gelar Tes Medis Secara Mendetail
PSS Sleman saat beruji coba melawan Persipura. (BolaSkor.com/Muhammad Fadly)

BolaSkor.com - PSS Sleman telah selesai menggelar medical check-up atau tes medis sebagai syarat menuju kompetisi Liga 1 2020. Kecuali gelandang anyar Luthfi Kamal Baharsyah, 25 pemain telah menjalani tes medis, Kamis (20/2).

Serangkaian ini penting untuk tahu bahkan menjadi pendeteksi dini bagi kondisi setiap pemain PSS saat ini. Hal tersebut diungkapkan Dokter PSS, dr Elwizan Aminudin.

"Secara umum medical check-up menjadi early warning system bagi pemain untuk mengetahui sejauh mana kondisi mereka sebelum kompetisi. Kami tentu tak ingin kecolongan soal kondisi kesehatan pemain," kata sosok yang akrab disapa dr Amin tersebut kepada BolaSkor.com.

Dokter PSS Sleman, dr Elwizan Aminudin. (BolaSkor.com/M. Fadly)

Baca Juga:

Arema FC Rampungkan Transfer Dua Pemain Persija sebagai Pinjaman

Respons Label Dream Team terhadap Skuat Persija Jakarta, Sergio Farias: Lebih Pas Kalau Sudah Juara

"Dari hasil secara kasat mata Insya Allah tidak ada masalah yang serius. Tapi untuk pastinya besok (Senin) nanti keluar rangkuman medical check-up kemarin," tambah dia.

Mantan dokter Timnas Indonesia U-19 itu tak menampik adanya sesuatu masalah yang ditemukan dari kondisi kesehatan pemain. Sebab, Bagus Nirwanto dan kawan-kawan melahap rangkaian tes medis yang sangat detail.

Mulai pemeriksaan fisk dengan dokter umum, dokter spesialis ortopedi, treadmill untuk jantung bergerak, serta tes jantung istirahat. Selain itu, lanjut Amin, para pemain melahap tes spirometri untuk melihat kapasitas paru-paru dan nafas, rongsen, serta terakhir hasil tes darah dan urine.

"Lab darah kita ambil banyak mulai HB, fungsi hati, sampai narkoba dan HIV. Karena kita tidak mau main-main dan memberikan toleransi. Artinya pemain yang akan kita gunakan nanti betul-betul fit sehat lahir dan batin," tegas dia. (Laporan Kontributor Muhammad Fadly/Yogyakarta)

PSS Sleman Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan