Tak Ingin Langgar Statuta, Gusti Randa Hanya Plh Ketum PSSI

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 21 Maret 2019
Tak Ingin Langgar Statuta, Gusti Randa Hanya Plh Ketum PSSI
Anggota Exco PSSI, Gusti Randa. (BolaSkor.com/Muhammad Adiyaksa).

BolaSkor.com - Gusti Randa menyebut dirinya sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plh) Ketua Umum (Ketum) PSSI. Bukan menjadi Plt Ketum PSSI yang selama ini diberitakan dalam beberapa hari belakangan ini.

Gusti Randa menjelaskan, proses dirinya menjadi Plh Ketum PSSI bukan berdasarkan hasil rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, melainkan atas mandat dari Joko Driyono selaku Plt Ketum PSSI, lewat suratnya bernomor 1015/UDN/568/III-2019.

Seperti diketahui, Joko Driyono fokus membereskan kasus hukum yang menjerat dirinya. Joko Driyono memang sedang tersandung kasus hukum dianggap menghilangkan barang bukti kasus pengaturan skor. Satgas Anti Mafia Bola Kepolisian Republik Indonesia akan kembali memeriksa Joko Driyono.

"Makanya, jangan disebut Plt Ketum PSSI karena ini sifatnya penugasan. Di Statuta PSSI juga tidak ada," ujar Gusti Randa.

"Jadi penugasan saja dalam posisi Plt Ketum PSSI non-aktif lalu memberikan Surat Keputusan (SK) penugasan. Terserah mau disebut Plt , Plh, atau sebagainya. Itu tidak penting. Yang penting, organisasi tetap jalan," kata Gusti Randa menambahkan.

Baca Juga:

Umuh Muchtar Segera Bergerak Bentuk Tim Pemenangan Iwan Bule Menuju Ketum PSSI

8 Klub yang Lolos ke Babak Delapan Besar Piala Presiden 2019

Merujuk kepada Statuta PSSI Pasal 39 mengenai Ketua Umum poin enam, tertulis bahwa; Apabila Ketua Umum tidak ada atau berhalangan, maka Wakil Ketua Umum dengan usia tertua akan menggantikannya.

Berdasarkan Statuta PSSI tersebut, Iwan Budianto yang seharusnya menjadi Plh atau Plt Ketum PSSI. Namun, pria yang akrab disapa IB tersebut juga menonaktifkan diri untuk sementara dari PSSI. Maka dari itu, Gusti Randa berhak menerima mandat Plh Ketum PSSI dari Joko Driyono sebagai Plt Ketum PSSI.

"Saya luruskan kembali. Keputusan ini bukan hasil rapat Exco. Itu diskresi kewenangan Plt ketum. Saya menerima. Pak Joko menunjuk saya lalu langkah pertama saya adalah melakukan rapat Exco," terang Gusti Randa.

Tugas utama Gusti Randa sebagai Plh Ketum PSSI adalah memastikan kapan dan di mana Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar. Saat ini, PSSI masih menunggu respons FIFA soal rekomendasi digelarnya KLB. Kemudian, memastikan semua progam PSSI on the track baik dari Liga 1 hingga Timnas Indonesia level junior hingga senior.

Gusti randa Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan