Tak Jadi Persija, Persipura Temani Bali United di Piala AFC 2021

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 20 Desember 2020
Tak Jadi Persija, Persipura Temani Bali United di Piala AFC 2021
Persipura Jayapura TC di Kota Batu. (Media Persipura)

BolaSkor.com - PSSI telah mengirimkan surat kepada AFC terkait dengan wakil Indonesia di Piala AFC 2021 yang menyertakan nama Bali United dan Persija Jakarta. Namun surat itu ditolak oleh AFC, karena tidak sesuai dengan regulasi di AFC.

AFC menghargai PSSI yang memutuskan Persija sebagai kontestan Piala AFC 2021. Namun AFC ingin klub yang mengikuti turnamen tersebut harus sesuai Entri Manual AFC Club Competition 2021. Hal ini diketahui usai PSSI mendapatkan surat balasan dari AFC pada Jumat (18/12)

Dengan jawaban dari AFC ini, Persipura Jayapura akan menemani Bali United untuk mengikuti Piala AFC 2021. Persipura terpilih karena berada di peringkat tiga Liga 1 2019 dan mendapatkan lisensi klub profesional saat proses AFC Club Licensing Cycle tahun 2020.

Baca Juga:

Daftarkan Bali United dan Persija, PSSI Tunggu Persetujuan AFC

Hoaks 100 Ribu Dolar AS untuk Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19

"AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Persija ditetapkan oleh PSSI karena kami menjaga keterwakilan klub Indonesia yang bermain di Piala AFC melalui slot Piala Indonesia. Karena memang AFC juga menyetujui bahwa juara Piala Indonesia mendapatkan slot bermain di Piala AFC,"

"Namun karena PSM Makassar tidak lolos lisensi klub profesional tahun 2020, Exco PSSI memutuskan memilih Persija yang notabene runner up Piala Indonesia 2018/2019," tambah Yunus Nusi.

PSSI juga memberikan tanggapan atas surat PT Persipura Papua pada tanggal 17 Desember 2020. Selain itu, juga dilampirkan formulir participating team agreement yang harus diisi dan ditandatangani oleh Presiden Klub. Lalu file power point terkait informasi klub, dan formulir warna jersey.

Tim Persipura harus melengkapi persyaratan tersebut dan dikembalikan ke PSSI selambatnya pada tanggal 21 Desember 2020. Selain ketiga persyaratan di atas, diharapkan juga untuk dapat mengirimkan sertifikat pencahayaan lampu stadion yang akan digunakan.

Pssi Piala AFC Yunus Nusi Liga 1 Persipura jayapura Bali United Persija jakarta
Posts

4.871

Bagikan