Tak Lagi Perak, Mercedes Tampil dengan Warna Hitam pada F1 2020

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 29 Juni 2020
Tak Lagi Perak, Mercedes Tampil dengan Warna Hitam pada F1 2020
Livery baru Mercedes F1 (twitter/MercedesAMGF1)

BolaSkor.com - Tim Mercedes F1 meluncurkan livery baru untuk mobil F1 mereka tahun ini yang serbahitam. Pemilihan warna hitam merupakan sebagai salah satu kampanye tim melawan rasisme dan mempromosikan keberagaman.

Para pendukung Mercedes tak akan lagi melihat warna perak, yang menjadi ciri khas Mercedes, di badan mobil W11 ketika musim Formula 1 restart di Austria akhir pekan nanti.

"Rasisme dan diskriminasi tidak punya tempat di masyarakat, olahraga dan tim kami: ini adalah keyakinan inti di Mercedes. Tapi memiliki keyakinan yang benar dan pola pikir yang benar tidak lah cukup jika kita tinggal diam," kata kepala tim Mercedes Toto Wolff seperti dilansir laman resmi Mercedes.

Baca Juga:

Mantan Bos F1 Tersandung Komentar Berbau Rasisme

Lewis Hamilton Turun ke Jalan, Suarakan Kesetaraan

"Kami ingin menggunakan suara kami dan platform global kami untuk bersuara untuk penghormatan dan ekualitas, dan Silver Arrow akan membalap dengan warna hitam sepanjang musim 2020 untuk menunjukkan komitmen kami terhadap keberagaman yang lebih luas di tim dan olahraga kami."

Andalan Mercedes Lewis Hamilton, satu-satunya pembalap kulit hitam di grid F1, memang kerap menyuarakan dukungannya terhadap perang melawan rasisme dan turun ke jalanan London untuk ikut aksi "Black Lives Matter".

"Ini merupakan pernyataan yang sangat penting, bahwa kami mau berubah dan melakukan perbaikan," ujar Hamilton tentang perubahan warna livery.

"Penting bagi kita untuk memanfaatkan momen ini dan menggunakannya untuk mengedukasi diri apakah kalian individu, brand atau perusahaan untuk membuat perubahan yang berarti ketika menyangkut ekualitas dan inklusifitas," kata Hamilton dikutip BBC.

"Saya secara pribadi telah mengalami rasisme di kehidupan dan melihat keluarga dan teman-teman mengalaminya juga."

Lebih jauh, Mercedes mengungkapkan jika jumlah pekerja mereka yang berasal dari etnis minoritas hanya sebesar tiga persen dan hanya 12 persen dari total karyawannya merupakan perempuan.

Kurangnya keberagaman itulah yang membuat mereka mencari pendekatan baru untuk menarik talenta dari berbagai lapisan masyarakat yang belum tergapai dan berkomitmen untuk mendirikan program untuk keberagaman dan inklusi sebelum musim balapan tahun ini usai.

Selain membalap dengan mobil serbahitam, Hamilton dan rekan satu timnya, Valtteri Bottas juga akan mengenakan overall berwarna hitam untuk musim ini. Tulisan "end racism" atau "hentikan rasisme" pun disematkan di bagaian Halo mobil.

F1 MERCEDES
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan