BolaSkor.com - Mimpi suporter Juventus untuk melihat Cristiano Ronaldo mengenakan jersey putih-hitam akhirnya menjadi kenyataan. Melalui laman resminya, Selasa (10/7), Real Madrid mengonfirmasi telah menjual CR7 ke Bianconeri.

Menurut kabar yang ramai dibicarakan, Juventus mengelurakan biaya sekitar 100 juta euro untuk meyakinkan Real Madrid melepas pemain andalannya itu. Adapun kontrak empat tahun dengan gaji 30 juta euro per musimnya akan segera diteken oleh Ronaldo.

Pemain yang pernah menginjakkan kakinya di Indonesia itu memperkuat Real Madrid sejak 2009. Total, 450 gol plus 131 assist menjadi bukti hegemoni sang pemain di Madrid. Rata-Rata, Ronaldo berkontribusi setiap 65 menit.

Selain itu, Ronaldo juga membawa musuh abadi Barcelona itu merengkuh empat trofi Liga Champions dan dua titel LaLiga. Adapun empat penghargaan Ballon d'Or menjadi milik sang pemain selama membela El Real.

Dengan data diri seperti di atas, kepergian Ronaldo tentu memberikan dampak negatif bagi Real Madrid. Sebut saja klub yang identik dengan warna putih itu tidak akan lagi menerima pemasukan dari penjualan jersey Ronaldo. Sementara itu, dari dalam lapangan, tentu akan sulit mencari pengganti sang bomber.

Kendati demikian, hengkangnya Ronaldo ke Turin juga memberikan efek positif untuk Madrid. Seperti kata pepatah, selalu ada hikmah yang bisa dipetik dari sebuah kejadian.

Lantas, apa saja dampak positif yang akan dirasakan Madrid setelah Ronaldo angkat kaki? Berikut tiga di antaranya: