Tak Perlu Heran, Arsenal Sudah Sering Rekrut Pemain pada Deadline Bursa Transfer

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 31 Januari 2023
Tak Perlu Heran, Arsenal Sudah Sering Rekrut Pemain pada Deadline Bursa Transfer
Unai Emery dan Denis Suarez (Twitter)

BolaSkor.com - Deadline bursa transfer musim dingin sudah di depan mata. Kejutan apapun bisa terjadi selama bursa transfer masih dibuka termasuk potensi keluarnya uang besar untuk merekrut pemain yang dibutuhkan.

Arsenal salah satu klub yang masih aktif jelang deadline bursa transfer. Sejauh ini The Gunners telah merekrut dua pemain yakni Leandro Trossard dan Jakub Kiwior serta dikaitkan dengan satu pemain lagi.

Arsenal masih bersaing dalam perebutan titel Premier League dan Liga Europa hingga butuh tambahan pemain. Potensi transfer pada deadline yang terjadi melibatkan gelandang Brighton & Hove Albion, Moises Caicedo, yang sudah berontak tidak ikut latihan tim agar bisa hengkang.

Baca Juga:

Menilik Perbandingan Guru Vs Murid, Pep Guardiola dan Mikel Arteta

Pep Guardiola Sudah Tahu Lama soal Bakat Melatih Mikel Arteta

Martin Odegaard Diklaim Tergoda Pindah ke Barcelona

Tak ayal Arsenal bisa mengeluarkan lebih dari 48 juta poundsterling (kombinasi Trossard dan Kiwior) pada deadline transfer. Tak perlu heran juga apabila Arsenal merekrut pemain pada deadline karena itu bukan hal baru bagi mereka. Ini beberapa contohnya:

1. Denis Suarez

Pada musim 2018-2019 kala Arsenal dilatih Unai Emery, pelatih asal Spanyol itu butuh tambahan pemain. Denis Suarez pun dipinjam dari Barcelona dengan harapan ia bisa beradaptasi cepat mengingat bahasa Spanyol yang jadi penyambung.

Suarez pada akhirnya hanya tampil enam kali karena cedera menerjangnya selama membela Arsenal - total hanya 95 menit bermain. Suarez tidak banyak bermain setelah awal Maret dan kemudian kembali ke Barcelona. Kini berusia 29 tahun dan bermain di Celta Vigo.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

Suatu kasus langka dengan rekrutan sukses Arsenal di musim dingin. Pierre-Emerick Aubameyang praktis rekrutan sekaligus warisan terakhir Arsene Wenger di Arsenal. Aubameyang diboyong sebesar 60 juta poundsterling dari Borussia Dortmund pada Januari 2018.

Selama membela Arsenal ia mencetak 92 gol dari 163 laga dan memenangi Piala FA. Sayang, penghujung karier striker asal Gabon tidak baik di Arsenal dengan hubungannya yang retak dengan Mikel Arteta. Sempat di Barcelona, Aubameyang (33 tahun) kini membela Chelsea.

3. Andriy Arshavin

Sensasi Arsenal kala memboyongnya pada deadline transfer pada Januari 2009 dari Zenit Saint Petersburg, tidak lama berselang setelah Andriy Arshavin tampil bagus bersama timnas Rusia di Piala Eropa 2008.

Dilihat secara menyeluruh Arshavin bukan rekrutan sukses karena ia hanya mencetak 23 gol Premier League selama empat tahun di Arsenal. Arshavin kembali ke Zenit pada 2011 sebagai pemain pinjaman sebelum dilepas permanen.

Kendati tidak sukses, momen Arshavin akan selalu dikenang ketika ia mencetak empat gol saat melawan Liverpool di Anfield yang berakhir dengan skor 4-4.

4. Nacho Monreal

Bukan rekrutan besar tapi cukup berguna karena menambah kuantitas pada posisi bek kiri. Nacho Monreal direkrut sebesar 10 juta poundsterling pada Januari 2013 dari Malaga dan bermain di klub selama enam tahun.

Monreal bermain 251 kali untuk Arsenal dan meski lebih sering jadi bagian rotasi pemain, Monreal membantu klub memenangi tiga Piala FA sebelum kembali ke Spanyol dan gabung Real Sociedad pada 2019. Pada 2021 Monreal pensiun.

Trivia Sepak Bola Arsenal Transfer Isu Transfer Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan