BolaSkor.com - Begitu banyak masalah yang muncul ketika membahas Manchester United musim ini, baik itu kala masih dilatih Ole Gunnar Solskjaer atau saat dilatih Ralf Rangnick seperti saat ini.

Di bawah Rangnick permainan Man United membaik dari sisi defensif dan sudah melalui enam laga di seluruh kompetisi, tapi itu bukan berarti masalah telah berakhir. Pasalnya performa United masih angin-anginan.

United bisa bermain bagus dan melakukan pressing ketat ala gegenpress di satu laga, tetapi di laga lainnya mereka dapat kembali bermain buruk seperti saat kalah 0-1 dari Wolverhampton Wanderers, atau seperti saat menang 1-0 atas Aston Villa di Piala FA.

Satu masalah yang dibahas adalah kurangnya kepemimpinan dalam skuad Man United. Disinyalir United memiliki banyak pemain senior dalam skuad tapi tak bisa jadi pemimpin bagi para pemain muda.

Cristiano Ronaldo (37 tahun) menjadi contoh sempurna bagi para pemain muda, tapi Rangnick membantah hanya Ronaldo yang layak jadi panutan dalam skuad Red Devils.

Baca Juga:

Beri Sindiran, Cristiano Ronaldo: Generasi Terkini Sulit Terima Kritik

Dukungan Penuh Ronaldo untuk Ralf Rangnick

Sederet Statistik Menarik Jelang Laga Villa Vs Man United

Bruno Fernandes

"Tidak hanya dia (Ronaldo), kami juga memiliki Edinson (Cavani), Harry (Maguire), banyak pemain kunci senior lainnya," tegas Rangnick dilansir dari laman resmi klub.

''David (De Gea), Victor (Lindelof), Bruno (Fernandes)... kami memiliki cukup banyak pemain berpengalaman. Mereka bisa menjadi panutan tidak hanya dalam latihan, tetapi juga di lapangan, di pertandingan dan di ruang ganti juga."

''Bersama-sama ini juga bisa dilakukan pada pelatih hingga pertandingan tandang, di hotel... ini harus terjadi di mana-mana."
"Di tim United itu harus terjadi secara otomatis dan saya hanya bisa mengundang dan menantang pemain untuk melakukannya secara reguler. Itu akan selalu membantu dalam tim, tidak lebih dari dalam grup yang kami miliki saat ini.''

Rangnick juga menegaskan peran kapten United masih dipegang Harry Maguire, meski baru ini Ronaldo dan Bruno Fernandes menjadi kapten di kala Maguire absen.

''Saat ini saya tidak melihat alasan untuk mengubah peran itu,'' kata Rangnick. 'Harry telah menjadi kapten dan selama dia bermain dia akan terus melakukannya," tambah Rangnick.

''Jika dia tidak memainkan Cristiano, jelas akan masuk tetapi ini bisa berubah dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, itu semua tergantung pada siapa yang bermain dan siapa yang tidak," pungkas dia.