BolaSkor.com - Timnas Vietnam takluk 2-3 dari Uni Emirat Arab (UEA) di laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua di Stadion Zabeel, Dubai, Selasa (15/6) malam waktu setempat. Laga ini menjadi penentu posisi akhir di klasemen.

Vietnam tertinggal dua gol lebih dulu pada babak pertama. Gol UEA dicetak Ali Salmeen pada menit ke-32 dan Ali Mabkhout lewat penalti pada menit ke-40.

UEA mencetak gol lagi pada menit ke-50. Giliran Mahmoud Khamees yang mencatatkan nama.

Baca Juga:

Asnawi Jadi Patokan Shin Tae-yong agar Timnas Indonesia Lebih Baik

Ketidakpuasan Marwijk di Balik Kemenangan 5-0 UEA atas Timnas Indonesia

Vietnam memperkecil ketertinggalan lewat dua gol masing-masing pada menit ke-85 melalui Nguyen Tien Linh dan 90+3 lewat Tran Min Vuong.

Dengan hasil ini, Vietnam harus puas tetap dengan 17 poin dan turun ke posisi kedua. Adapun tambahan tiga angka membuat UEA mengoleksi 18 poin sekaligus menjadi juara grup dan memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan putaran final Piala Asia 2023.

Vietnam ikut lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia dan putaran final Piala Asia karena menjadi salah satu runner-up terbaik bersama China, Irak, Oman, dan Lebanon. Ini menjadi kali pertama Vietnam mampu lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Sementara juara grup lain, yakni Suriah (A), Australia (B), Iran (C), Arab Saudi (D), Qatar (E), Japan (F), dan Korea Selatan (H).

Laga pamungkas lain di Grup G juga mempertemukan Thailand dengan Malaysia. Dalam laga ini, Thailand kalah 0-1 lewat gol Safawi Rasid melalui penalti pada menit ke-52.