Tampil Bagus di Piala Dunia 2022, 5 Pemain Muda Berpeluang Hengkang pada Januari 2023

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 02 Desember 2022
Tampil Bagus di Piala Dunia 2022, 5 Pemain Muda Berpeluang Hengkang pada Januari 2023
Aksi Josko Gvardiol kontra Belgia (Twitter)

BolaSkor.com - Fase grup Piala Dunia 2022 akan segera berakhir dan memasuki fase krusial, fase gugur, di mana tidak ada lagi kesempatan kedua dan hanya ada satu laga dengan satu pemenang dan satu tim yang kalah.

Sejauh ini di fase grup ada beberapa pemain muda yang menunjukkan talentanya dan menarik perhatian. Sebelum Piala Dunia 2022 dimulai beberapa pemain yang diprediksi bersinar itu seperti Jamal Musiala (Jerman), Jude Bellingham (Inggris), Gavi dan Pedri (Spanyol).

Prediksi itu tidak salah tetapi seiringnya Piala Dunia 2022 di fase grup, ada pemain-pemain muda lainnya yang tampil bagus dan berpotensi meningkatkan minat pembeli jelang bursa transfer musim dingin (Januari 2023).

Baca Juga:

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda Tantang Amerika Serikat

Hasil dan Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2022: Australia Dampingi Prancis ke 16 Besar

Jika Lolos ke 16 Besar, Jerman Diprediksi Tidak Akan Jadi Juara Piala Dunia 2022

Di ajang sebesar Piala Dunia 2022 selain para pemain muda dapat meningkatkan harga beli mereka dengan performa bagus, penampilan mereka juga menjadi magnet bagi pemandu bakat klub-klub top Eropa.

Menilik referensi dari ESPN, berikut lima nama pemain muda yang berpeluang ganti klub pada Januari 2023 setelah tampil bagus di Piala Dunia 2022.

1. Cody Gakpo (23 Tahun)

Namanya sudah terdengar sejak musim panas 2022 dan dikaitkan dengan Manchester United. Piala Dunia 2022 seolah mempertegas alasan mengapa Man United mengincar winger PSV Eindhoven tersebut.

Cody Gakpo dipercaya bermain oleh Louis van Gaal sebagai penyerang, meski dirinya penyerang sayap. Kepercayaan itu dibalas dengan tiga gol dari tiga penampilan di Piala Dunia 2022.

Gakpo dengan cerdas memanfaatkan kebebasan bermain di depan dengan pergerakannya yang sulit diprediksi di sisi sayap, terkadang di tengah, atau bahkan muncul dari lini kedua. Kemampuan teknik dan penyelesaian akhirnya juga bagus.

Bukan tidak mungkin Man United kembali mengincarnya untuk Januari 2023 khususnya setelah memutus kontrak Cristiano Ronaldo. Saat ini di Transfermarkt harganya ada pada kisaran 45 juta euro.

2. Josko Gvardiol (20 Tahun)

Manchester City, Man United, Chelsea, Juventus, dan klub top Eropa lainnya memantau bek berusia 20 tahun milik RB Leipzig tersebut. Tak butuh waktu lama bagi Josko Gvardiol memamerkan kualitasnya di Piala Dunia dengan timnas Kroasia.

Gvardiol dominan di jantung pertahanan dan punya kualitas membangun serangan, terbukti dari 115 sentuhan bola saat melawan Maroko. Determinasi dan disiplin jadi kelebihan bermain Gvardiol hingga Kroasia lolos ke fase gugur dengan hanya kebobolan satu gol.

3. Mohammed Kudus (22 Tahun)

Ajax Amsterdam tak pernah berhenti mengorbitkan pemuda berbakat. Mohammed Kudus (22 tahun) salah satunya. Ia berposisi sebagai gelandang serang dan saat ini bermain dengan timnas Ghana di Piala Dunia 2022.

Dua golnya ke gawang Korea Selatan membantu Ghana memenangi laga sekaligus mempopulerkan namanya di dunia. Kudus pemain serba bisa yang dapat bermain di sayap dan tengah permainan, ia bisa melewati lawan dengan kontrol bolanya yang bagus.

Kudus juga pekerja keras dengan kemampuannya bertahan dengan catatan rata-rata 15 momen saat beradu dan merebut bola per laga. Tak heran jika Ajax akan kesulitan mempertahankannya di bursa transfer.

4. Enzo Fernandez (21 Tahun)

Kekalahan Argentina dari Arab Saudi mengejutkan, tetapi pada akhirnya Argentina lolos dan Enzo Fernandez satu dari beberapa pemain yang tampil menonjol, khususnya saat melawan Meksiko di mana ia mencetak gol.

Tak hanya mencetak gol, gelandang Benfica bak berada di banyak tempat dengan enerji bermain tinggi di lini tengah, memenangi duel bola udara, tekel, bahkan menghadirkan kreativitas bermain. Fernandez baru pindah dari River Plate pada musim panas 2022 ke Benfica, kans pindahnya pada Januari 2023 kecil tetapi segala kemungkinan dapat terjadi dalam dunia sepak bola.

5. Yunus Musah (20 Tahun)

Mesin lini tengah Amerika Serikat yang lolos untuk kali kedua dalam sejarah Piala Dunia ke fase gugur. Tyler Adams kapten termuda Amerika pada usia 23 tahun, tetapi tandemnya Yunus Musah tidak kalah hebat.

Dinamikanya bermain di lini tengah membantu tim memenangi perebutan bola, serta melakukan transisi bermain. Kontra Iran Musah melakukan 24 percobaan merebut bola dari lawan. Valencia arahan Gennaro Gattuso akan menemui kesulitan mempertahankannya.

Trivia Sepak Bola Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Sosok Cody Gakpo Enzo Fernandez Josko gvardiol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan