Tan Cheng Hoe Tanggapi Kemungkinan Harry Edge dan Marcel Kalonda Turut Membela Timnas Malaysia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 10 Mei 2020
Tan Cheng Hoe Tanggapi Kemungkinan Harry Edge dan Marcel Kalonda Turut Membela Timnas Malaysia
Harry Edge. (Istimewa)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, angkat bicara soal dua nama pemain berdarah asing yang belakangan diperkirakan bisa ikut skuat Harimau Malaya. Kedua pemain itu adalah Harry Edge dan Marcel Kalonda.

Seperti dilaporkan Harry Edge merupakan pemain kelahiran Selandia Baru. Adapun Kalonda dari Kongo. Keduanya yang berposisi sebagai pemain bertahan dilaporkan memiliki darah Malaysia.

Harry Edge yang saat ini bermain untuk klub Torslanda IK di Liga Swedia mengatakan bahwa darah Malaysianya berasal dari sang ayah. Sedangkan Kalonda yang berkiprah di Liga Zambia disebut-sebut punya garis keluarga dari Sabah, di mana kakeknya lahir di sana.

Baca Juga:

Telah Disahkan FIFA Bela Timnas Malaysia, Liridon Krasniqi Enggan Diistimewakan Tan Cheng Hoe

FAM Buka Kans terhadap Harry Edge dan Marcel Kalonda Pasca Liridon Krasniqi Disahkan Bela Timnas Malaysia

Federasi Sepak Bola Malaysia lewat Ketua Komite Program Naturalisasi FAM Datuk Mohd Yusoff Mahadi membuka komunikasi terkait kemungkinan keduanya ikut membela Timnas Malaysia. Apabila benar memiliki darah Malaysia, keduanya kemungkinan diberi pasport dengan status pemain keturunan.

"Kami punya Komite Program Naturalisasi dan perlu mendiskusikan sebelum membuat pilihan terbaik. Itu untuk memastikan bahwa pemain sepenuhnya memenuhi syarat memakai jersey tim nasional," kata Tan Cheng Hoe dikutip dari Berita Harian.

"Kita tidak mau sekadar memberi pasport. Tidak mudah melihat seoarang pemain dan menyesuaikan dengan tim nasional. Kita juga harus melihat level kompetitif (liga) di mana mereka tampil. Kalau levelnya di bawah Malaysia, saya tidak merasakan sesuatu (keuntungan). Tapi jika mereka berada di liga kompetitif tinggi, saya rasa boleh dipertimbangkan," sambung Tan Cheng Hoe.

Timnas Malaysia sudah mendapat tambahan senjata setelah Liridon Krasniqi memeroleh kewarganegaraan Malaysia dan disahkan FIFA.

Malaysia Timnas Indonesia Vietnam Thailand
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan