BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah mendominasi sepak bola Eropa selama lebih dari satu dekade terakhir. Namun era kejayaan keduanya nampak akan segera berakhir.

Salah satu dominasi Messi dan Ronaldo terlihat di ajang Liga Champions. Jika ditotal, keduanya telah meraih sembilan medali juara dalam 15 tahun terakhir.

Selain gelar juara, dominasi keduanya juga bisa dilihat dari partisipasi di babak semifinal. Tampil di babak empat besar seperti sudah menjadi rutinitas bagi Messi dan Ronaldo.

Baca Juga:

Manuel Neuer dan Thiago Alcantara Tak Sepenuhnya Bahagia Usai Hancurkan Barcelona

Presiden Barcelona Enggan Konfirmasi Pemecatan Quique Setien

Quique Setien dan Maurizio Sarri: Ketika Kenyataan Tak Sesuai Harapan

Lionel Messi

Messi tercatat sudah delapan kali tampil di semifinal Liga Champions. Empat kesempatan berhasil dimenangi dan disempurnakan dengan gelar juara.

Sementara Ronaldo tampil tiga kali lebih banyak dibanding Messi. Dari jumlah tersebut, enam laga berhasil dimenangi dan lima di antaranya berujung dengan juara.

Namun hal berbeda terjadi pada musim ini. Salah satu dari keduanya untuk pertama kali sejak musim 2004-2005 absen dari semifinal.

Ronaldo yang kini memperkuat Juventus terhenti di babak 16 bessar. Bianconeri kalah agresivitas gol tandang atas Olympique Lyon.

Ini untuk kali kedua secara beruntun, Ronaldo gagal melaju ke semifinal Liga Champions. Musim lalu ia dan Juventus terhenti di perempat final.

Messi memang mampu melaju lebih jauh ketimbang Ronaldo dengan menembus perempat final. Namun Barcelona yang diperkuatnya dihancurkan Bayern Munchen dengan skor mencolok 2-8.

Faktor usia tentu berperan penting terhadap hal ini. Harus diakui Ronaldo dan Messi telah melewati masa usia emas karena sudah berkepala tiga.

Selain itu, kondisi klub yang perkuat keduanya juga ikut berperan. Sepanjang musim ini, Juventus dan Barcelona memang tampil kurang meyakinkan.

Ini tentu menjadi tantangan bagi keduanya untuk bangkit kembali. Jika tak mampu, mungkin mereka harus bersiap-siap memasuki masa pensiunnya.