Tanda Tanya Venue Final Liga Champions 2020-2021

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 10 Mei 2021
Tanda Tanya Venue Final Liga Champions 2020-2021
Trofi Liga Champions (Twitter)

BolaSkor.com - Polemik terkait venue laga final Liga Champions 2020-2021 terus bergulir. UEFA berada dalam posisi sulit untuk mengganti atau mempertahankan Ataturk Olympic Stadium sebagai pemilik hak tuan rumah.

UEFA sudah sejak jauh-jauh hari menunjuk stadion yang terletak di Istanbul, Turki tersebut, sebagai panggung laga final kompetisi antarklub elite Eropa. Stadion berkapasitas 76 ribu tempat duduk itu bahkan harusnya menggelar laga puncak edisi musim lalu.

Rencana ini seperti akan berjalan mulus hingga kasus positif virus corona kembali meningkat di Turki sejak akhir April silam. Pemerintah setempat bahkan sampai menerapkan kebijakan lockdown untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Baca Juga:

Terancam Tanpa Penonton, Final Liga Champions Berpeluang Pindah ke Inggris

Jumpa Manchester City di Final, Chelsea Tak Gentar

Lapang Dada, Zinedine Zidane Angkat Topi untuk Chelsea

Final Liga Champions 2020-2021

Pemerintah Inggris kemudian melarang warganya terbang ke Turki sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Padahal laga final Liga Champions akan menampilkan duel dua tim asal Britania Raya yaitu Manchester City dan Chelsea.

Kebijakan tersebut membuat laga final Liga Champions terancam digelar tanpa penonton. Ini menjadi ironi karena UEFA berharap pertandingan ini menjadi awal kembalinya suporter ke stadion.

Federasi sepak bola Inggris bersama pemerintah sudah meminta UEFA untuk memindahkan venue laga final ke negara mereka. Hal ini dianggap menjadi solusi terbaik di tengah situasi yang tak pasti.

Petinggi UEFA bahkan dijadwalkan melakukan pertemuan dengan kedua pihak untuk membahas masalah ini pada Senin (10/5) waktu setempat. Negosiasi antara pihak-pihak terkait kemungkinan akan berjalan alot.

Masalah Lain

UEFA dikabarkan cukup tertarik untuk memindahkan laga final ke Inggris. Namun konfederasi sepak bola Eropa itu ingin Stadion Wembley dipilih sebagai venue.

Kapasitas stadion menjadi alasan utama dari permintaan UEFA tersebut. Wembley diprediksi bisa menampung lebih dari 20 ribu penonton untuk final nanti.

Masalahnya, Wembley sudah punya agenda lain pada 29 Mei mendatang atau jadwal final Liga Champions berlangsung. Pada tanggal yang sama, markas Tim Nasional Inggris itu direncanakan menggelar laga final play-0ff perebutan tiket ke Premier League.

Menarik menunggu keputusan apa yang akan diambil UEFA. Badan yang dipimpin Aleksander Ceferin tersebut diperkirakan mengumumkan akhir polemik ini pada 12 Mei mendatang.

Liga Champions UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan