Tangan Dingin Dall’Igna Buat Motor Ducati Jinak

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 19 Juli 2021
Tangan Dingin Dall’Igna Buat Motor Ducati Jinak
Gigi Dall’Igna (Zimbio)

BolaSkor.com - Kesuksesan yang diraih Ducati pada MotoGP 2021 tidak serta-merta disebabkan para pembalapnya. Ada sosok lain yang ikut berkontribusi terhadap keberhasilan ini.

Siapa lagi kalau bukan General Manager tim Ducati, Gigi Dall'Igna. Tanpa tangan dinginnya, motor Desmosedici GP tidak akan berkembang seperti sekarang ini.

Pria yang juga berkecimpung sebagai teknisi ini tercatat telah beberapa kali melakukan perubahan besar dalam motor Desmosedici GP. Berbagai komponen motor berhasil disempurnakan agar Desmosedici dapat melaju lebih jinak.

Sudah menjadi rahasia umum, dari semua motor tim yang ada, hanya Desmosedici yang paling sulit ditaklukkan. Melimpahnya tenaga yang disalurkan membuat motor Desmosedici GP tak ubahnya seperti binatang liar yang ganas.

Tercatat tidak semua pembalap dapat menjinakkan monster ini. Bahkan seorang legenda seperti Valentino Rossi gagal dalam melaksanakan tugasnya saat membela tim Ducati di musim 2011 dan 2012.

Namun, berkat kerja keras Dall’Igna, Desmosedici GP dapat berubah dratis. Perlahan tapi pasti motor Desmosedici GP mulai menanggalkan julukannya sebagai motor yang sulit untuk dikendalikan.

“Seperti halnya rangka Jepang sangat minim dengan suku cadang, Ducati justru seperti puzzle karena memiliki banyak suku cadang. Terdapat gagasan bahwa motor harus sering dibongkar ketika dirancang. Memang terlihat menyulitkan, tetapi terpenting mudah untuk dikerjakan. Namun, saat Dall’Igna datang untuk membereskannya, para mekaniknya pasti menjadi gila,” jelas ayah Jorge Lorenzo, Chico Lorenzo dikutip dari tuttomotoriweb.it.

Baca Juga:

KTM Tech3 Hampir Mustahil Naik Podium

Ketika Ducati Tertarik Rekrut Marc Marquez

“Dari sini muncul inovasi yang terus dikeluarkannya. Tentu di sisi lain dia memiliki tempat yang penuh dengan barang-barang yang tidak berhasil ketika dicoba,” sambungnya.

Terbukti dengan keberhasilan tiga pembalap tim Ducati, Johann Zarco, Fransesco Bagnaia, dan Jack Miller pada paruh pertama musim ini. Melalui performa Demosedici GP versi 2021, ketiga pembalap ini mampu meraih posisi lima besar dalam klasemen sementara.

Keberhasilan ini lantas membuat Chico menaruh hormat yang tinggi kepada Dall’Igna. Chico bahkan memuji kerjankeras Dall’Igna dalam menyempurnakan motor Desmosedici GP secara terus-menerus.

“Kesan yang saya dapatkan dari sosok Dall’Igna sejak saya mengenalnya adalah dia tidak pernah tidur. Dia sangat terobsesi dan mendedikasikan hidupnya untuk bekerja, dan ini adalah hasil sebagai pemenang,” tutur Chico.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp MotoGP 2021 Ducati Gigi Dall'Igna
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan