Tanggapan PSSI soal Adanya Kemungkinan Dualisme Piala Presiden

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 27 November 2017
Tanggapan PSSI soal Adanya Kemungkinan Dualisme Piala Presiden
Logo Piala Presiden 2017 lalu. (Istimewa)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI menegaskan bahwa hanya akan ada satu Piala Presiden yang digelar sebagai pra musim Liga 1. Keputusan itu berdasarkan restu dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Sebelumnya, ada sebuah Event Organizer (EO) berencana menggelar President Cup 2018 sebagai pra musim Liga 1. Padahal, selama ini ajang pra musim yang digelar setiap tahunnya adalah Piala Presiden.

"PSSI merencanakan semua agenda di kalender PSSI tahun 2018 yang sangat padat, termasuk preseason. Salah satu preseason yang rutin digelar setiap tahunnya oleh kita adalah Piala Presiden. Oleh karenanya, pada 13 Desember mendatang (Rapat Anggota Eksekutif PSSI), seluruh kalender Timnas, internasional antar klub di Liga Champions Asia dan Piala AFC, turunannya ke Liga 1, Liga 2, kelompok umur, amatir, dan seterusnya event-event lainnya, termasuk Piala Presiden, PSSI mempertimbangkan semuanya. Termasuk menggelar Piala Indonesia," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Sebab, sekalipun agenda tahun 2018 sangat padat, tetapi banyak jadwal-jadwal yang kosong karena pemusatan latihan Timnas Asian Games dan seterusnya. Kita jahit itu semua agar bisa maksimal untuk event yang direncanakan," tambahnya.

"Jadi pada dasarnya ada EO yang inisitif menggelar kegiatan itu (President Cup). PSSI menyampaikan bahwa Piala Presiden ini baik tittle yang punya adalah Presiden (Jokowi), dan oleh karena itu menjadi penting bahwa event ini sebelum digelar mendapat restu Presiden tentunya, dan yang pasti untuk satu saja (Piala Presiden)."

Piala Presiden sendiri sudah digelar sebanyak dua kali dari tahun 2015. Di tahun 2015 sebagai pengganti kompetisi karena konflik sepak bola nasional, Piala Presiden dimenangkan oleh Persib Bandung.

Ketika itu, sepak bola Indonesia sedang dalam keadaan konflik, yang mengakibatkan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 terhenti dan turunnya sanksi FIFA. Sementara itu, Piala Presiden 2017 yang digelar sebagai pra musim Liga 1 dimenangkan oleh Arema FC.

PSSI Joko driyono Piala Presiden
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan