BolaSkor.com - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merupakan pemuncak klasemen sementara MotoGP 2020. Rider asal Spanyol itu sudah mengoleksi 137 poin.

Namun, Mir belum sekalipun memenangi balapan musim ini. Pencaian terbaiknya hanya finis kedua.

Situasi tersebut membuat Mir dalam posisi dilematis. Ia tentu ingin menjadi juara dunia, tetapi pembuktian dengan merebut podium tertinggi harus dicapai.

Dengan tiga seri tersisa, Mir sebetulnya tak perlu berambisi merebut podium tertinggi. Asal bisa finis di posisi tiga besar, Mir tetap bisa menjadi juara dunia.

”Jujur hari ini saya hanya ingin finis podium karena saya tahu sulit untuk finis pertama, dari start di urutan ke-12. Saya berusaha untuk menjaga waktu selama balapan, saya secepatnya menyalip para pebalap lain untuk berada di depan dan memangkas jarak dengan pimpinan balapan," ujar Mir dikutip dari Crash.

Baca Juga:

Hasil MotoGP Teruel 2020: Morbidelli Menang Diikuti Duet Suzuki

Sambut MotoGP 2021, Indonesia Bakal Punya Tim Moto2

Pada MotoGP Teruel 2020, Mir finis di posisi ketiga. Ia kalah saing dengan Franco Morbidelli yang merebut podium tertinggi, serta Rins yang menjadi runner-up.

Permasalahan Rins pada MotoGP 2020 sebetulnya ada di kualifikasi. Ia tak bisa mendapatkan start dengan posisi baik.

Pada MotoGP Teruel 2020, Mir memulai balapan dari urutan 12. Situasi itu membuatnya tak bisa berbuat banyak.

“Tapi, saya cuma sanggup sampai di situ saja. Saya sama sekali tidak memikirkan soal klasemen saat balapan dimulai, lalu saya sadar kalau sulit untuk bisa mendekati alex dan Franco. Jadi saya memilih untuk tidak ambil risiko agar terhindar dari crash," ujar Mir.

Konsistensi menjadi kunci keberhasil Mir memuncaki klasemen sementara MotoGP 2020. Ia tiga kali menjadi runner up, diikuti tiga raihan podium ketiga musim ini.