BolaSkor.com - Real Madrid akan bertanding melawan Manchester City di Stadion Etihad pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Sabtu (08/08) dini hari WIB. Pada pertandingan kali ini, Real Madrid tidak ditemani sosok kapten, Sergio Ramos karena sanksi akumulasi kartu.

Sergio Ramos menerima kartu merah atas pelanggaran yang dilakukannya ketika menjatuhkan Gabriel Jesus pada leg pertama di Santiago Bernabeu, awal Maret lalu. Laga tersebut dimenangkan oleh City dengan skor 2-1.

Tidak dipungkiri tanpa Sergio Ramos, Real Madrid menurut Marca mencatatkan rekor buruk. Dari total enam laga Ramos tidak bermain di Liga Champions, Madrid sudah kalah lima kali dan menang satu kali. Kemenangannya diraih saat melawan Club Brugge di fase grup.

Baca Juga:

5 Sosok Kunci di Balik Kesuksesan Real Madrid Juarai LaLiga 2019-2020

Analisis di Balik Rekor Fantastis Penalti Sergio Ramos

Pasukan Real Madrid Akan Bebas dari Karantina 14 Hari di Manchester

Kartu merah Sergio Ramos

Rekor buruk tanpa Ramos dimulai pada perempat final Liga Champions 2017-18. Real Madrid sudah menang 3-0 atas Juventus namun tanpa Ramos pada leg kedua. Juventus menyamakan agregat gol di leg dua dan Madrid nyaris tersingkir apabila Lucas Vazquez tak mencetak gol dari titik putih.

Kemudian berlanjut pada musim 2018-19, Real Madrid mengistirahatkan Ramos, namun mereka kalah 0-1 dari CSKA Moskow di fase grup. Kemudian memasuki leg kedua dan bermain di Bernabeu, Real Madrid kalah telak 0-3.

Rekor buruk tanpa Ramos terus berlanjut pada saat melawan Ajax Amsterdam pada leg kedua Liga Champions musim 2018-19. Meski menang 2-1 atas Ajax Amsterdam, Ramos mendapatkan sanksi yang membuatnya absen di leg kedua.

Hasilnya, Real Madrid kalah telak dengan skor 1-4 dari Ajax dan sekaligus tersingkir dari 16 besar. Musim ini pun Madrid sudah kalah 0-3 dari PSG tanpa Sergio Ramos.

Secara menyeluruh, Ramos sudah absen sebanyak 30 kali di Liga Champions sejak kedatangannya pada 2005 dari Sevilla. Selama ia absen, Real Madrid menang 19 kali.

Selain tiga imbang dan delapan kalah, lima dari delapan kekalahan tersebut terjadi dalam enam laga terkininya di ajang kompetisi Eropa.

Penulis: Alexander Matthew