BolaSkor.com - Misi Timnas Indonesia U-23 untuk meraih medali emas SEA Games 2021 dipastikan gagal terwujud. Masa depan Shin Tae-yong selaku pelatih pun berada dalam tanda tanya besar.

Timnas Indonesia U-23 harus takluk dengan skor 0-1 dari Thailand U-23 lewat perpanjangan waktu, pada laga semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5). Gol tunggal Weerathep Pomphan pada menit ke-94 menjadi pembeda kedua tim.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 hanya berpeluang meraih medali perunggu. Menunggu lawan dari tim yang kalah antara Vietnam menghadapi Malaysia. Padahal sejak awal, Shin Tae-yong diberi target untuk membawa pulang medali emas.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Minta Maaf Gagal Bawa Timnas U-23 ke Final SEA Games 2021

Diwarnai 4 Kartu Merah Lawan Thailand, Timnas U-23 Gagal ke Final SEA Games 2021

Menariknya, pertandingan ini juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu bahkan beberapa kali turut memberikan semangat lewat teriakannya dari tribun.

Selepas pertandingan, Iriawan memberikan penjelasan terkait nasib Shin Tae-yong. Ia menegaskan status juru taktik berkebangsaan Korea Selatan itu masih aman.

"Kalau STY kontraknya empat tahun jadi kita sekali lagi butuh proses. Yang bersangkutan juga lebih dipertanggungjawabkan untuk timnas U-20 yang akan main di World Cup tahun depan," katabm Iriawan.

"Jadi Insya Allah masih aman posisinya."

Iriawan juga menerima kekalahan atas Thailand U-23 dengan lapang dada. Ia merasa Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan hanya kurang beruntung saja.

"Mereka (Timnas U-23) menampilkan permainan yang cukup berimbang dengan Thailand. Padahal coach Shin Tae-yong mengatakan Thailand di atas kita," tambahnya.

"Jadi sekali lagi memang ini bukan hasil yang kita mau tetapi harus diterima. Masih ada perebutan 3-4 dengan Malaysia atau Vietnam."

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam