BolaSkor.com - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengucapkan rasa syukur. Pasalnya timnya lolos AFC Club Licensing 2020.

Sesuai hasil rapat PSSI yang telah dilakukan di Hotel Harris, Kamis (19/11) malam, Persib menjadi satu di antara lima tim yang dinyatakan memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh AFC. Kelima tim lainnya adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC dan Arema FC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan industri si kulit bundar.

Baca Juga:

Hanya Enam Klub Liga 1 yang Lolos AFC Club Licensing 2020

Gaji 25 Persen, Pelatih Persib Beri Jawaban Sindiran

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Yakni sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

"Predikat granted licensing dari AFC adalah hasil yang patut kita semua syukuri karena kami sangat paham bagaimana penting nya lima aspek licensing bagi sebuah klub professional," kata Teddy saat dihubungi, Jumat (20/11).

Teddy menilai lolosnya Persib ini karena kerja keras dari manajemen PT PBB. Terbukti kelolosan ini sudah terjadi sejak musim 2015 silam.

"Pembangunan fasilitas menjadi target kami berikutnya. Tetapi untuk membangun fasilitas kan perlu sumber daya yang sangat besar," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)