Tatsuma Yoshida: Pernah Dikalahkan Timnas Indonesia, Kini Bawa Klub J2 League ke Final Piala Kaisar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 05 Oktober 2022
Tatsuma Yoshida: Pernah Dikalahkan Timnas Indonesia, Kini Bawa Klub J2 League ke Final Piala Kaisar
Tatsuma Yoshida. (J League)

BolaSkor.com - Masih ingat dengan nama Tatsuma Yoshida? Ia merupakan mantan pelatih timnas Singapura di Piala AFF 2020.

Yoshida dipecat oleh FA Singapura usai kalah dari Timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2020. Jadi tuan rumah, justru Singapura takluk dengan agregat 3-5 dari Indonesia.

Setelah melatih Singpura, Yoshida mencoba peruntungan dengan pulang kampung. Ia melatih klub J2 League, Ventforet Kofu.

Ventforet Kofu langsung dibawanya melesat di Piala Kaisar Jepang 2022. Ia membawa Ventforet Kofu ke partai final.

Baca Juga:

Rapor 8 Pemain J1 League di Timnas Jepang pada FIFA Matchday September 2022, Siapa yang Dominan?

Statistik Menawan Timnas Jepang U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Peran J League Luar Biasa

Musim ini, gelaran Piala Kaisar diikuti oleh 88 tim, terdiri dari 18 tim J1 League, 22 tim J2 League, 1 tim amatir, dan 47 wakil prefektur dari seluruh Jepang.

Sebanyak 48 tim yaitu 47 wakil prefektur yang memenangi kualifikasi di prefektur mereka bersama satu tim amatir pilihan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) masuk di putaran pertama, sebelum kemudian tim-tim J1 dan J2 League masuk di putaran kedua.

Tim J2 League, Tokyo Verdy, sempat membuat kejutan besar dengan menang 1-0 melawan penguasa Liga Jepang saat ini, Kawasaki Frontale, pada putaran ketiga lalu.

Verdy kemudian menang 2-1 lawan tim J1 League lainnya, Jubilo Iwata, pada babak 16 besar sebelum dihentikan Kyoto Sanga di babak delapan besar.

Akan tetapi, kejutan terbesar bukan lahir dari perjalanan Tokyo Verdy, tetapi dari tim J2 League lainnya, Ventforet Kofu.

Sho sasaki
Sho Sasaki. (J League)

Ventforet Kofu berhasil melangkah ke partai puncak setelah mengalahkan tim J1 League, Kashima Antlers, 1-0 pada laga semifinal melalui gol tunggal Junma Miyazaki.

Sebelumnya, tim yang dulu pernah diperkuat Irfan Bachdim tersebut menyingkirkan Universitas Internasional Pasifik di putaran kedua (5-1), menang 2-1 lawan Hokkaido Consadole Sapporo di putaran ketiga, mengalahkan Sagan Tosu 3-1 di 16 besar, dan menang 2-1 lawan Avispa Fukuoka di perempat final sebelum masuk ke semifinal.

Ini akan jadi kali pertama Ventforet Kofu bermain di laga final Piala Kaisar Jepang, sebelum ini prestasi terbaik mereka adalah mencapai babak perempat final pada musim 2006, 2013, 2018, dan 2019.

Ini juga akan jadi kali pertama Ventforet Kofu lolos ke final kompetisi besar, setelah mereka juga belum pernah melangkah melebihi perempat final J.League YBC Levain Cup.

Tsukasa Morishima
Tsukasa Morishima. (J League)

Lawan Ventforet Kofu di final adalah Sanfrecce Hiroshima yang menang 2-1 melalui babak tambahan melawan Kyoto Sanga di semifinal via gol penalti Douglas Vieira dan gol Nassim Ben Khalifa.

Sanfrecce Hiroshima menang lawan wakil Prefektur Miyazaki, Honda Lock, dengan skor 2-0 pada putaran kedua, menang 5-0 lawan Yokohama FC di putaran ketiga, mengalahkan Thespakusatsu Gunma 1-0 di babak 16 besar, dan menyingkirkan Cerezo Osaka (2-1) di perempat final sebelum masuk ke babak semifinal.

Ini merupakan kali keenam Sanfrecce Hiroshima masuk ke final, meski dalam lima kesempatan sebelumnya mereka selalu kalah di partai puncak.

Paling terakhir, Sanfrecce Hiroshima kalah 0-2 dari Yokohama F. Marinos pada musim 2013. Sebelumnya, mereka juga kalah di final pada musim 1995, 1996, 1999, dan 2007.

Ventforet Kofu
Ventforet Kofu. (J League)

Laga final akan dihelat pada Minggu, 16 Oktober 2022, pukul 12. 00 WIB dan diselenggarakan di Nissan Stadium di Kota Yokohama, Prefektur Kanagawa.

Pemenang Piala Kaisar Jepang musim ini akan mendapat tiket langsung ke babak grup Liga Champions Asia 2023-2024. Artinya jika Ventforet Kofu juara, mereka akan menjadi satu-satunya tim dari kompetisi kasta kedua yang bermain di Liga Champions musim depan

J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.035

Bagikan