BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-19/U-20 lebih condong ke Spanyol dibandingkan ke Korea Selatan. Bahkan Iriawan mengaku Skuat Garuda Muda sudah ada lawan uji coba jika TC di Spanyol.

Meski begitu, Iriawan masih menunggu balasan surat dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) terkait dengan TC Timnas Indonesia U-19 ini. Pria yang kerap disapa Iwan Bule ini menyebutkan Indonesia sudah medapatkan lampu hijau jika menggelar TC di sana.

Apalagi, RFEF sedang mencarikan kota untuk TC Skuat Garuda Muda, dengan angka penularan COVID-19 yang rendah. Barcelona menjadi terdepan.

"Di Spanyol sudah ada beberapa tim yang siap untuk melakukan uji coba. Sehingga kami akan putuskan nanti yah. Kalau di Korea Selatan kami belum mendapatkan lawan yang tangguh untuk bermain sparing partner atau friendly match," kata Iriawan.

Baca Juga:

PSSI Siapkan Plan C, Timnas Indonesia U-19 Bakal Uji Coba Lawan Klub Besar Liga 1

Pesan Febri Hariyadi ke Empat Pemain Persib di Timnas U-19: Contoh Ronaldo-Messi

Lebih lanjut, Iriawan mengaku PSSI juga tetap menyiapkan Korea Selatan sebagai tempat TC Timnas Indonesia U-19. Meskipun jika TC di Korea Selatan, para pemain harus menjalani karantina terlebih dahulu selama 14 hari ke depan.

Pihak pejabat Kota Daegu yang akan menjadi tempat TC Timnas Indonesia U-19, sudah setuju.

"Ya kemungkinan besar Spanyol akan menjadi tempat, tapi memang ada Plan A dan B. Plan B di Korea, tapi di sana ada plus minusnya kaya ada karantina 14 hari. Sayang waktu 14 hari itu mereka hanya terdiam meskipun virtual bisa," ujar Iriawan.

"Kemarin di Kroasia tidak terbuang 14 hari, itu yang kami inginkan sebenarnta. Yang kedua cuaca tadi, mendekati mereka hadir di sana (Korea Selatan) suhu di bawah nol, kami khawatir mereka tidak bisa adaptasi dengan cuaca di sana," ia menambahkan.

"Prinsipnya Shin Tae-yong tidak masalah yang penting mungkin bisa latihan di luar negeri karena kami menginginkan laga uji coba dengan tim kuat seperti kemarin di Kroasia, ada Dinamo Zagreb, Qatar dan lain sebagainya, kami menginginkan itu," pungkas Iriawan.

Tak hanya Spanyol dan Korea Selatan, PSSI juga memiliki Plan C, dimana Timnas Indonesia U-19 lakukan TC di Tanah Air. Klub-klub besar Liga 1 dibidik menjadi lawan uji coba.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 melakoni TC di Stadion Madya, Jakarta, 13-20 November mendatang. Ada 38 pemain yang ikut serta.

TC di Jakarta dan luar negeri nanti menjadi persiapan Skuat Garuda Muda melakoni ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, pada 3-20 Maret 2021. Lalu Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia pada Mei 2021.