Tegur Panitia Kamboja, CdM Lexy: CAMSOC Harus Konsisten Berikan Pelayanan Baik

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 07 Mei 2023
Tegur Panitia Kamboja, CdM Lexy: CAMSOC Harus Konsisten Berikan Pelayanan Baik
Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - SEA Games 2023 Kamboja telah dibuka pada Jumat 5 Mei 2023, dengan opening ceremony yang cukup mewah di Morodok Techo National Stadium. Namun, ada beberapa kekurangan pelayanan dari Panitia Lokal SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) dalam beberapa hari ini.

Beberapa ketidaksiapan Kamboja untuk menyelenggarakan SEA Games 2023 sudah terlihat pada H+1 selepas opening ceremony. Beberapa venue cabang olahraga (cabor) terlihat tidak siap.

Bahkan, pelayanan kurang baik Kamboja juga terjadi dalam pembagian kamar di athletes village. Ada beberapa atlet Indonesia yang tidak kebagian kamar, padahal masih banyak yang kosong.

Selain itu, kekurangan Kamboja lainnya dalam menyelenggarakan SEA Games 2023 Kamboja juga terjadi di venue marathon yang berlokasi di Ankor Wat, Siem Reap, dimana lampu start tidak menyala. Bahkan, saat panitia ingin memperbaikinya, mereka terlihat kekurangan alat yang memadai.

Baca Juga:

Medali Emas Kesepuluh Hadir dari Vovinam, Dua Perunggu Juga Diraih

'Rumah Indonesia', Inisiatif Pelayanan Terbaik dari CdM untuk Tim Indonesia Selama SEA Games 2023 Kamboja

Lampaui Prestasi SEA Games Tahun Lalu, Manik Trisna Dewi Harumkan Vovinam Indonesia

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Plt Sekjen NOC Indonesia Harry Warganegara, dan Bendahara Umum NOC Indonesia Tommy Hermawan Lo berkunjung. (NOC Indonesia/Louis Figo)

Tidak sampai di situ, ketidaksiapan Kamboja menyelenggarakan SEA Games 2023 juga terlihat pada saat upacara pengalungan medali cabor atletik nomor marathon individual putra dan putri. Upacara pengalungan medali yang berlangsung malam hari ini hanya dilengkapi dengan penerangan dari lampu mobil.

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, menyoroti kekurangan dari CAMSOC ini. Dia pun bergegas untuk menegur CAMSOC agar segera membenahi setiap kekurangan yang telah terjadi.

"Kami mengapresiasi opening ceremony Sea Games 2023 Cambodia yang bagus. Namun sebuah kepanitiaan tidak hanya diukur dengan pembukaan yang mewah, tapi juga konsistensi pelayanan yang baik selama event berlangsung," ucap CdM yang karib disapa Lexy tersebut.

SEA Games 2023 Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN.

Tim Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabor. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official patners, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudangkripto, Pocari Sweat, Essenza, Bagasi, Berdikari Logistik Suplai.

SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.296

Bagikan