Teka-teki Masa Depan Mancini bersama Timnas Italia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 26 Maret 2022
Teka-teki Masa Depan Mancini bersama Timnas Italia
Roberto Mancini (Twitter)

BolaSkor.com - Kegagalan mengantar Timnas Italia ke putaran final Piala Dunia 2022 mencoreng reputasi Roberto Mancini sebagai pelatih. Masa depannya bersama Gli Azzurri kini diselimuti teka-teki.

Kualitas Mancini sebagai pelatih jempolan tak perlu Hampir semua tim yang ditanganinya mampu di antar ke tangga juara.

Timnas Italia juga turut merasakan tangan dingin Mancini. Leonardo Bonucci dan kawan-kawan sempat menjalani 37 laga tak terkalahkan yang merupakan rekor terpanjang di level internasional.

Baca Juga:

Timnas Italia: Juara Piala Eropa, Merana di Piala Dunia

Bukan Pep Guardiola, Italia Diminta Contoh Jurgen Klopp

Tangis dan Penyesalan Jorginho Usai Kegagalan Italia Lolos ke Piala Dunia 2022

Trofi Piala Eropa 2020 juga semakin menegaskan tangan dingin Mancini. Apalagi Italia menampilkan permainan yang enak dipandang.

Namun semua catatan manis itu seolah runtuh usai Italia takluk 0-1 dari Makedonia Utara, Jumat (25/3) dini hari WIB. Kekalahan tersebut memastikan Negeri Pizza absen dari putaran final Piala Dunia dua kali beruntun.

Wajar jika masa depan Mancini sebagai pelatih Timnas Italia diragukan. Yang bersangkutan bisa saja mengundurkan diri atau dipecat efek hasil minor ini.

Menurut laporan Sky Sports, Mancini memberikan pidato kepada anak-anak asuhnya pada sesi latihan sehari setelah kekalahan dari Makedonia Utara. Italia memang dijadwalkan melakoni laga uji coba kontra Turki, tengah pekan depan.

Kesempatan tersebut dijadikan Mancini sebagai momentum untuk memnbangkitkan moral para pemain. Menurut laporan yang sama, tidak ada tanda-tanda momen itu sebagai pidato perpisahan.

Ini bisa menjadi pertanda Mancini enggan mengundurkan diri. Namun keputusan final tampaknya baru akan diambil usai laga kontra Turki.

Dukungan FIGC

Di tengah tanda tanya masa depan Mancini, FIGC memberikan respons. Federasi Sepak Bola Italia itu memastikan tidak akan memecat sang pelatih.

"Saya harap Mancini terus bersama kami. Dia memiliki komitmen dengan kami untuk proyek ini," kata Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

"Saya berharap dia bisa melepaskan diri dari fase eliminasi ini seperti semua orang Italia dan dia tetap memimpin untuk melanjutkan kerja sama kami."

Mancini memang masih terikat kontrak hingga 2026 mendatang. Namun FIGC tidak bisa berbuat apa-apa jika mantan manajer Manchester City itu mengambil keputusan untuk mundur dari jabatannya.

Roberto Mancini Timnas Italia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan