Tekad Bek Persebaya Alie Sesay Bela Timnas Sierra Leone di Piala Afrika

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 17 Juli 2021
Tekad Bek Persebaya Alie Sesay Bela Timnas Sierra Leone di Piala Afrika
Bek Alie Sesay harus bekerja keras di Persebaya Surabaya untuk menjaga peluang bertahan di Timnas Sierra Leone. (Official Persebaya Surabaya)

BolaSkor.com - Bek Persebaya Surabaya, Alie Sesay berusaha menjaga sekuat tenaga posisinya di Timnas Sierra Leone. Dia berharap tetap menjadi bagian skuad Leone Stars dalam perhelatan Piala Afrika 2021. Piala Afrika dijadwalkan bergulir pada Januari 2022 mendatang.

Dengan raihan tujuh angka, Sierra Leone lolos setelah menjadi runner up babak kualifikasi Piala Afrika Grup L. Mereka mengungguli Benin yang juga meraih poin sama. Hasil ini membuat Sierra Leone mendampingi juara grup, Nigeria yang mengoleksi 14 poin dari enam pertandingan.

Keberhasilan negara yang terletak di pesisir Samudra Atlantik itu membuat Alie Sesay makin termotivasi untuk bisa bergabung dengan timnas. Apalagi, bagi para pemain Benua Hitam, Piala Afrika selalu dinanti. Pasalnya, sejumlah pemain bintang yang berkompetisi di Eropa seperti Mohamed Salah (Mesir), Sadio Mane dan Edouard Mendy (Senegal), Riyad Mahrez (Aljazair) ambil bagian di turnamen itu.

Baca Juga:

Boaz Solossa Berpeluang Cabut dari Borneo FC di Tahun Kedua

Kompetisi Belum Mulai, Gelandang Anyar Persebaya Sudah Cedera

Selain itu, gelaran Piala Afrika juga dapat menjadi panggung sekaligus jembatan untuk berkarier ke Eropa. Karena itu, Alie Sesay bertekad bisa satu panggung dengan para pemain bintang Eropa tersebut. Sayang, kompetisi Liga 1 2021/2022 belum mendapat kejelasan kapan dapat bergulir.

Alhasil, Alie Sesay harus benar-benar bekerja keras agar pelatih John Keister meliriknya. Pasalnya, dengan belum jelasnya kompetisi, dia hanya dapat berlatih bersama skuad Bajol Ijo untuk menjaga kemampuan, fisik dan mentalnya.

"Saya tidak boleh kehilangan tempat di timnas. Artinya, saya harus kerja keras di sini. Agar pelatih tidak berpaling ke yang lain," tekad pemain 26 tahun tersebut.

Selain itu, pada tiga laga terakhir kualifikasi, Alie Sesay tidak bermain. Termasuk di laga penentuan menghadapi Benin 15 Juni lalu. Padahal, pemain sudah mencatatkan 9 caps bersama skuad timnas Sierra Leone itu mendapat panggilan dari pelatih untuk melakoni pertandingan pamungkas. Beruntung, meski tidak diperkuat Alie Sesay, Sierra Leone memenangi laga dengan skor tipis 1-0.

"Yang jelas senang sekali. Timnas bisa lolos ke Piala Afrika tahun depan. Dan saya (sebenarnya) ditelepon pelatih agar bergabung. Tapi, saat itu saya posisi (sudah) di Indonesia, sedang karantina. Jadi, dengan berat hati, saya tidak bisa bergabung. Saya sudah ada agenda dengan Persebaya untuk sign kontrak," jelas pemain yang lahir dan besar di Inggris tersebut.

Semula, Piala Afrika dijadwalkan akan digelar awal Januari 2021 lalu di Kamerun. Namun, turnamen antarnegara paling bergengsi di Afrika itu akhirnya mengalami penundaan setahun karena pandemi virus corona. Sierra Leone sendiri baru dua kali berpartisipasi di turnamen dua tahunan itu, yakni pada 1994 dan 1996. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Alie Sesay Persebaya surabaya Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan