Tekad Luizinho Passos di Persib, Antar Teja Paku Alam Kembali ke Timnas hingga Tembus Klub Luar Negeri

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 14 Mei 2020
Tekad Luizinho Passos di Persib, Antar Teja Paku Alam Kembali ke Timnas hingga Tembus Klub Luar Negeri
Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Luizinho Passos dikenal sebagai pelatih yang sukses mencetak kiper-kiper berkualitas. Terbukti, dua anak asuhnya menjadi andalan Timnas Indonesia.

Kedua kiper itu adalah Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata. Keduanya dia latih, saat sama-sama menangani tim asal Samarinda, Kalimantan Timur, Borneo FC.

Muhammad Ridho menjadi andalan Timnas Indonesia setelah mendapatkan pelatihan dari Passos pada musim 2017-2018. Sedangkan Nadeo yang menggantikan peran Ridho sebagai kiper utama di Borneo FC, sukses juga menjadi kiper timnas Indonesia U-23 dan bermain di SEA Games 2019.

Baca Juga:

Eks Persija dan Persib Lorenzo Cabanas Kenang Laga Mengerikan di Indonesia

Manajemen Persiraja Tetap Bersikukuh Ingin Kompetisi Liga 1 2020 Dilanjutkan

Passos berharap kesuksesannya itu bisa berlanjut di Persib Bandung. Bahkan satu nama akan diproyeksikannya untuk bisa menembus timnas Indonesia. Yakni Teja Paku Alam.

"Perlu waktu dan kerja keras yang dilakukan Ridho dan Nadeo untuk bisa masuk ke timnas. Dan saya juga sudah menyiapkan proyeksinya, termasuk untuk Teja di Persib agar bisa masuk ke Timnas," ungkap Luizinho Passos saat dihubungi.

Teja Paku Alam sendiri sebenarnya wajah lama di Timnas Indonesia. Hanya saja, kiper asal Sumatera Barat ini bukan pilihan utama atau kiper cadangan.

Seperti pada Piala AFF 2016 lalu, Teja terpanggil untuk membela timnas Indonesia menggantikan kiper ketiga Dian Agus yang mengalami cedera. Saat itu, kiper utamanya adalah Kurnia Meiga (Arema FC) dan Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta).

Di tahun sebelumnya, Teja juga sempat dipanggil timnas Indonesia saat masih berseragam Semen Padang. Ia menjadi bagian skuat Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pemanggilan Teja Paku Alam, lagi-lagi sebagai peran pengganti. Kali ini menggantikan Awan Setho Raharjo yang mengalami cedera. Sementara kiper utama adalah Andritany Ardhiyasa.

Passos menilai tidak mudah untuk saat ini menembus Timnas Indonesia. Terlebih di posisi kiper Indonesia saat ini dihuni kiper-kiper berkualitas lainnya. Selain Andritany, ada juga Wawan Hendrawan (Bali United) dan dua mantan anak asuhnya, Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata.

Baca Juga:

Robert Rene Alberts Tak Janjikan Persib Impresif Lagi jika Liga 1 Dilanjutkan

Lihat Perkembangan di Negara Lain, Pelatih Persib Robert Rene Alberts Yakin Liga 1 2020 Dilanjutkan

"Untuk semua itu perlu kerja keras, harus fokus agar bisa bermain di level tertinggi untuk melakukan semuanya," tegasnya.

Namun Luizinho Passos yakin Teja mampu melewatinya dengan baik. Bahkan tak hanya Timnas Indonesia, namun Teja memiliki peluang untuk membela klub luar negeri.

"Indonesia punya kiper hebat, saya suka kiper Indonesia. Saya pikir mereka punya peluang untuk bermain di luar negeri. Untuk sekarang contohnya, Nadeo, Ridho dan di Persib ada Teja. Mereka punya peluang untuk bisa bermain di tim-tim luar negeri," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Luizinho Passos Teja paku alam Persib Bandung Liga 1 Breaking News Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan