BolaSkor.com - Sejak Rangers terjun langsung ke divisi tiga sepak bola Skotlandia pada tahun 2012, karena krisis keuangan, Celtic langsung merajalela di Liga Primer Skotlandia. Tidak ada yang mampu menghentikan mereka untuk menancapkan supremasi, melalui raihan tujuh titel Liga Primer Skotlandia.

Rangers baru kembali ke Liga Primer Skotlandia pada musim 2016/17. Dalam kurun waktu dua tahun, bersama tiga manajer berbeda: Mark Warburton, Pedro Caixinha, dan Graeme Murty, Rangers baru sekedar mengais kekuatan untuk mengimbangi Celtic. Perlahan tapi pasti, mereka sudah mulai mendekati kekuatan Celtic arahan Brendan Rodgers.

Musim ini, Rangers finis di urutan tiga di bawah Celtic dan Aberdeen. Petinggi Rangers pun berpikir cepat menatap musim 2018/19, dengan melakukan perombakkan yang dimulai dari level manajerial. Murty didepak dan Jimmy Nicholl, caretaker Celtic, tidak lagi melatih klub. Kemudian, Rangers sukses mengamankan tanda tangan legenda Liverpool, Steven Gerrard, dalam kontrak empat tahun.

Gerrard, 37 tahun, datang setelah semusim melatih tim muda Liverpool. Ia sangat bangga melatih Lee Wallace cs, karena Rangers merupakan klub dengan tradisi besar di Skotlandia, memiliki rivalitas Old Firm Derby dengan Celtic, dan masih jadi tim tersukses Skotlandia dengan raihan 54 titel Liga Primer Skotlandia.

"Saya bangga menjadi manajer baru Rangers. Saya memiliki respek yang sangat besar untuk klub ini, dan juga sejarah serta tradisinya. Saya tidak sabar memulai perjalanan baru di Rangers, untuk membangun tim dari kesuksesan yang sudah diraih klub," tutur Gerrard.

"Memenangi sepakbola, saya pikir kuncinya adalah kami harus menang. Saya bukanlah salah satu manajer yang terus berbicara tentang filosofi. Saya pikir penting untuk menjalaninya dari satu laga ke laga berikutnya."

Kehadiran Gerrard bisa jadi memotivasi skuat Rangers, karena namanya yang begitu melegenda di dunia. Ia bisa sukses seperti halnya Zinedine Zidane di Real Madrid, meski saat ini terlalu cepat menyimpulkannya. Gerrard bermain untuk Liverpool selama 19 tahun dari tahun 1998-2015. Total, ia tampil 710 kali dan memenangi sembilan titel. Gerrard juga telah tampil 114 kali untuk Timnas Inggris.

Dave King, Presiden Rangers, sangat yakin Gerrard sosok yang tepat untuk mengembalikan kejayaan klub berjuluk The Gers.

"Sedari awal, pembicaraan (antara Rangers dan Gerrard) sudah sangat positif dan kami percaya, Steven pria yang tepat untuk membawa Rangers melangkah maju. Dia sangat mengesankan sepanjang negosiasi dan kami sangat yakin, bahwa dia punya wawasan yang dibutuhkan dan temperamen untuk membawa klub sukses, seperti yang kami inginkan," tambah King.

Terpilihnya Gerrard sebagai manajer Rangers juga dikomentari manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Ia percaya Gerrard bisa membawa Rangers untuk mengimbangi Celtic, seraya bahagia melihat Gerrard melatih klubnya sendiri.

"Jika Stevie berpikir ini momen yang tepat, maka saya yakin ini momen yang tepat. Jika dia berpikir dia siap maka dia siap. Dari yang saya tahu, Rangers klub besar yang sedang berada di sedikit momen sulit, tapi masih lebih baik dibanding beberapa tahun lalu. Kedatangannya bisa jadi sangat sesuai, menyenangkan, mendekati Celtic," tutur Klopp di laman resmi Liverpool, Sabtu (5/5).

"Saya cukup yakin suporter Celtic tidak berpikir, 'Terima kasih Tuhan, Steven Gerrard'. Mereka berpikir, 'Wow, Steven Gerrard'. Itu selalu bisa jadi pertanda. Stevie salah satu gelandang terbaik sepanjang masa. Sekarang, dia ingin menjadi manajer. Dia miliki passion untuk sepak bola dan wawasan tentangnya. Sisanya harus dipelajari; saya yakin dia belajar banyak dari musim lalu. Saya benar-benar bahagia untuknya karena memiliki kesempatan (Gerrard melatih klub sendiri)," pungkas Klopp.