Teknik Bertahan Italia Disebut Pelatih Timnas Inggris sebagai Bentuk Karya Seni

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Maret 2018
Teknik Bertahan Italia Disebut Pelatih Timnas Inggris sebagai Bentuk Karya Seni
Timnas Italia masih memiliki organisasi bertahan yang baik (Getty Images)

BolaSkor.com - Catenaccio atau sistem pertahanan gerendel pernah populer di Eropa pada medio 1950-an hingga 70-an. Pengguna catenaccio adalah negara yang sudah empat kali menjuarai Piala Dunia, Timnas Italia. Kini, Gli Azzurri tak lagi menerapkannya seiring perubahan era ke dunia modern.

Kendati demikian, Italia masih terkenal sebagai negara yang taktikal dalam permainannya. Detail akan taktik bukan hanya diperlihatkan Timnas Italia, melainkan klub-klub Serie A. Selain itu, Italia masih menghasilkan kiper dan bek-bek terbaik di Eropa.

Sepak bola Italia boleh jadi tengah menurun, setelah tahun lalu untuk kali pertama sejak 60 tahun, Italia gagal lolos Piala Dunia. Meski begitu, pandangan publik akan kehebatan Italia saat bertahan, tidak pernah berubah: Italia masih dianggap yang terbaik, disiplin, dan terorganisir.

Pandangan serupa juga dilihat oleh pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Mantan bek Inggris di periode 1995-2004 tahu persis bagaimana kokohnya tembok Italia, ketika masih diperkuat Fabio Cannavaro, Alessandro Nesta, dan Paolo Maldini. Ia pun memandang teknik bertahan Italia sebagai bentuk karya seni.

"Sepak bola Italia, saya selalu menjadi pengagum sejati mereka. Detail dengan cara mereka bermain. Sebagai mantan bek, tentu saja, mereka yang terbaik. Organisasi taktikal, detail ketika melakukan marking. Seni bertahan, karena memang itu merupakan bentuk karya seni. Dalam opini saya, cara mereka bermain seringkali dipandang rendah dan sebelah mata oleh orang-orang," tutur Southgate, dilansir dari Sky Sports, Selasa (27/3).

"Tapi, ketika Anda melihat pemain yang tidak Anda lihat di tim ini, seperti tim yang pernah saya lawan berisikan Nesta, Cannavaro, dan Maldini, mereka yang terbaik, benar-benar terbaik."

Inggris akan menghadapi Italia di Wembley pada Rabu, 28 Maret 2018 pukul 02.00 dini hari WIB dalam laga uji coba. Southgate pun memprediksi akan sulit bagi timnya mencetak gol ke gawang Italia, meski Italia baru saja menelan kekalahan 0-2 dari Argentina.

"Kami tahu mencetak gol melawan Italia merupakan tes tersulit yang mungkin terjadi, dan kami tahu, mereka juga akan terorganisir dengan sangat baik dan melakukan pressing di laga nanti. Jadi, laga nanti ujian bagus bagi kami untuk melihat seberapa jauh kami telah melangkah," pungkas Southgate.

Timnas Italia Timnas Inggris Gareth southgate
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan