Teknisi F1 Sebut Winglet Milik Ducati Ciptakan Downforce, Sehingga Menyalahi Regulasi

Hendry WibowoHendry Wibowo - Selasa, 19 Maret 2019
Teknisi F1 Sebut Winglet Milik Ducati Ciptakan Downforce, Sehingga Menyalahi Regulasi
Motor Ducati Desmosedici (Twitter/Ducati)

BolaSkor.com - Kontroversi komponen winglet yang terletak di swingarm belakang pada motor Ducati Desmosedici turut jadi perhatian para teknisi Formula 1 (F1).

Sekadar mengingatkan kembali, komponen winglet milik Ducati tersebut dipermasalahkan oleh empat rival: Honda, Aprilia, Suzuki, dan KTM pada lomba putaran pertama MotoGP 2019 di Qatar, 10 Maret lalu.

Baca Juga:

Protes Ditolak, Kemenangan di MotoGP Qatar Tetap Milik Andrea Dovizioso, Lawan Minta Banding

Sidang Banding Protes Swingarm Belakang Ducati Digelar Sebelum 29 Maret

Keempat pabrikan di atas telah melakukan protes kepada Direktur Lomba, namun ditolak. Kini permasalahan dibawa ke Pengandilan Banding FIM.

Keputusan diyakini akan dirilis sebelum lomba putaran kedua MotoGP 2019 di Argentina, 31 Maret. Para teknisi F1 pun melihat komponen winglet Ducati memang menghasilkan downforce (gaya tekan), sehingga menyalahi regulasi.

"Komponen tersebut bahkan bisa mereduksi getaran pada motor. Efeknya sangat terasa di bagian belakang motor," kata eks teknisi Ferrari, Toni Cuquerella yang kini bekerja untuk tim Mahindra di Formula E.

Seorang ahli aerodinamika tim McLaren yang meminta namanya dirahasikan punya pendapat sama dengan Cuquerella.

"Tentu komponen tersebut menghasilan downforce. Mungkin tidak sebanyak winglet di bagian fairing, tapi tentu saya punya efek downforce," ujar sumber itu.

Pihak Ducati sendiri bersikukuh sampai sekarang, komponen winglet di swingarm belakang yang mereka terapkan untuk mendinginkan ban belakang. Tapi rival berpikir sebaliknya, komponen itu bertujuan meningkatkan aspek aerodinamika.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Breaking News Ducati Ducati Desmosedici MotoGP 2019 MotoGP Qatar
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan